Manfaat Luar Biasa Semangka untuk Jantung Hingga Kecantikan

Buah semangka.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Selama ini semangka dikenal sebagai salah satu pereda rasa haus di kala panas terik. Buah yang satu ini memang kaya akan air. Kita semua tahu bahwa hampir semua buah memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, tapi tentu Anda perlu tahu penyakit seperti apa yang bisa diatasi dan dicegah oleh buah tertentu salah satunya semangka. Berikut uraian  lebih rinci mengenai manfaat luar biasa semangka bagi kesehatan dilansir laman Boldsky.

Semangka Tak Boleh Dikonsumsi di Malam Hari? Ini Kata Dokter

Baik untuk jantung
Siapa sangka ternyata semangka juga punya andil dalam menjaga kesehatan jantung. Buah ini dapat melindungi pembuluh darah dari pembekuan. Semangka dianggap ramah bagi jantung  karena kandungan lemak dan kolesterol yang rendah serta antioksidannya yang kaya.

Menurunkan berat badan
Karena kaya akan kandungan air, semangka menjadi buah yang cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan. Lagi-lagi ini juga dikarenakan rendahnya kadar kalori dan lemak pada semangka.

Semangka Bisa Turunkan Tekanan Darah, Ini Cara Konsumsinya

Baik untuk pria
Semangka kaya akan asam amino yang mampu meningkatkan sirkulasi darah ke penis. Aliran darah yang lancar akan membuat organ vital lebih kuat.

Membersihkan ginjal
Potasium yang terdapat dalam semangka dapat membantu membersihkan ginjal dengan cara mengeluarkan kadar garam berlebih dari dalam tubuh. Semangka juga bermanfaat untuk mengurangi asam urat.

6 Manfaat Jus Semangka, Efektif Atasi Penuaan Dini

Mengatur tekanan darah
Kaya antioksidan, potasium dan mangan membuat semangka sebagai buah yang dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah. Seperti yang telah disebutkan di atas, semangka mampu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Tak hanya itu, semangka juga mampu menurunkan kadar gula darah Anda jika dikonsumsi teratur.

Baik untuk kulit
Tidak hanya baik untuk kesehatan organ vital tubuh, semangka juga baik untuk kulit. Semangka mampu bertindak sebagai pelembap kulit, mencegah penuaan kulit dan mengatasi jerawat.

Manfaat buah semangka

7 Manfaat Buah Semangka dengan Segudang Nutrisi Baik untuk Tubuh

Manfaat buah semangka mungkin telah diketahui oleh kebanyakan orang yang menyukainya. Buah ini menjadi salah satu buah yang oleh kerap dikonsumsi oleh banyak orang.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022