Ketahui Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Ilustrasi kunyit
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kunyit adalah rempah yang umum digunakan untuk bahan masakan. Terkadang kunyit juga dijadikan campuran obat seperti jamu. Selain baunya yang harum, kunyit juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat seperti apa saja yang dirasakan dengan mengonsumsi kunyit? Berikut di antaranya dilansir laman Lifehack.

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Nyeri sendi dan kaku

Osteoarthritis atau dikenal dengan penyakit sendi bisa memengaruhi kelancaran Anda beraktifitas sehari-hari mulai dari mengerjakan pekerjaan rumah, bekerja hingga berolahraga. Mengonsumsi susu yang dicampur kunyit diketahui dapat mengatasi masalah ini.

Musim Hujan Bikin Gampang Sakit, Ramuan Herbal Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Flu dan batuk berkepanjangan

Jika Anda mendapati diri Anda pilek atau batuk berkepanjangan, itu tandanya sudah waktunya untuk meminum kunyit. Antioksidan pada kunyit mampu melawan bakteri dan virus penyebab flu dan batuk.

Daun Jambu Biji dan Kunyit Bisa Jadi Solusi Atasi Masalah Pencernaan, Ini Kata Ahli Herbal

Memiliki faktor risiko penyakit jantung

Tekanan darah tinggi dan kolesterol dan stres yang tinggi bisa memicu timbulnya penyakit jantung. Salah satu yang dianggap mampu mengatasi faktor risiko tersebut adalah kunyit. Kunyit memiliki kandungan pengencer darah dan antioksidannya mampu mengurangi risiko serangan penyakit jantung.

Penyakit hati

Penyakit hati (liver) bisa memengaruhi seluruh kinerja tubuh karena liver memiliki peran penting dalam mendetoksifikasi tubuh dan membuang sampah dari tubuh. Mengonsumsi kunyit dapat mendukung kesehatan liver Anda.

Memiliki risiko kanker

Kanker adalah penyakit yang ditakutkan oleh banyak orang terutama bagi mereka yang memiliki faktor risiko kanker seperti keturunan, merokok, makanan tidak sehat dan tidak teratur hingga kurang olahraga. Namun, kanker bisa dicegah dengan menjalani pola hidup sehat salah satunya dengan mengonsumsi susu kunyit yang kaya antioksidan untuk melindungi sel tubuh dari perubahan DNA yang memicu tilmbulnya kanker.

Tulang rapuh

Seiring bertambahnya usia, baik perempuan maupun laki-laki memiliki risiko besar terserang osteoporosis, penyakit yang membuat tulang menjadi lemah, dan rapuh. Konsumsi kunyit dianggap mampu mencegah hal ini karena kandungan kalsiumnya yang kaya membantu tulang agar tetap kuat.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya