Manfaat Kesehatan Makanan Rasa Pahit

Sayur pare rica-rica pedas.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Renne Kawilarang

VIVA.co.id – Kebanyakan orang tidak benar-benar menyukai makanan dengan rasa pahit. Makanan pahit seperti pare, daun pepaya, dan sebagainya, sering dihindari oleh banyak orang. Padahal, makanan pahit menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan.

Ragam Manfaat Pare Bagi Kesehatan, Menurunkan Gula Darah hingga Tingkatkan Imunitas

Makanan pahit memang sulit untuk memanjakan selera Anda. Tapi Anda harus tahu bahwa di balik rasa pahit, tersimpan segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Jadi  jika Anda tidak suka, cobalah untuk mulai mengonsumsinya. Berikut manfaat makanan pahit, yang dilansir dari Article of Health Care.

Membantu Pencernaan
Produksi enzim pencernaan dalam tubuh dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan pahit. Sistem pencernaaan akan lebih mudah melakukan proses cerna jika makanan yang dikonsumsi  bernutrisi, seperti makanan pahit.

Ningsih Tinampi Gunakan Pare Obati Berbagai Penyakit, Amankah?

Kaya vitamin dan mineral
Sayuran seperti pare menawarkan segudang nutrisi yang baik bagi tubuh. Makanan pahit mengandung vitamin C, K, dan A, dan mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium. sayuran pahit juga kaya serat, dan folat, namun rendah sodium dan lemak.

Melawan radikal bebas
Studi terbaru menunjukkan bahwa makanan pahit, termasuk salah satunya adalah cokelat hitam dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Dengan kata lain, dapat mencegah kanker atau penyakit saraf.

Walau Pahit, Ini Sepuluh Kebaikan Pare untuk Penderita Asam Urat

Mengusir racun di hati
Perawatan kesehatan memainkan peranan penting pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mencegah kesehatan jantung dapat dilakukan dengan mudah dan dengan cara sederhana, yakni mengonsumsi makanan pahit. Sayuran pahit seperti kale (sejenis kubis) dan sayuran lainnya mengandung fitonutrien yang dapat membantu hati melakukan tugasnya sebagai penyeimbang hormon, menjaga kadar kolesterol, dan mengeluarkan racun dari darah.

Mengurangi kecanduan gula
Makan banyak gula atau makanan manis dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh, terutama jika Anda memiliki masalah dalam mengontrol gula darah. Kecanduan gula atau makanan manis dapat dikurangi dengan mengonsumsi makanan pahit.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya