Bahaya Memberi Bayi Minum Air Putih

Bayi Minum
Sumber :
  • Pixabay/Bule

VIVA.co.id – Sejumlah ahli medis menyarankan para orangtua, agar tidak pernah memberikan air putih pada bayi mereka. Karena, air putih tidak hanya menghalangi penyerapan nutrisi penting yang dibutuhkan mereka, tetapi juga dapat menyebabkan keracunan air yang fatal.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Meskipun banyak orangtua menganggap air putih menjadi alternatif sehat bagi buah hati mereka, tetapi pemberian air putih bisa berakibat serius, jika diberikan dalam jumlah yang banyak.

Sebelum buah hati Anda mencapai usia enam bulan, para ahli merekomendasikan agar bayi hanya diberikan ASI, atau susu formula untuk bayi.

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

"Meski cuaca sangat panas sekali pun, kebutuhan cairan bayi akan terpenuhi dengan ASI," kata ahli diet Katie Keratsky dari Mayo Clinic seperti dikutip dari The Sun.

ASI dan susu formula mengandung banyak nutrisi penting bagi bayi yang dapat membantunya berkembang.

Jangan Asal Makan Minum, Ustaz Hilman Fauzi Ungkap Ada 4 Adab dalam Berbuka Puasa

Komponen penting protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral tidak terdapat di air. Meskipun air putih dapat mengenyangkan buah hati Anda, tetapi air putih tidak bisa memberikan energi, atau nutrisi yang sama yang mereka butuhkan untuk pertumbuhan mereka.

Dalam beberapa kasus, konsumsi air putih dalam jumlah banyak pada bayi, dapat berakibat fatal pada bayi, misalnya bayi menjadi kembung hingga keracunan.

"Keracunan air adalah, ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak air dalam waktu singkat dan kadar sodium dalam darah buah hati Anda menurun, menyebabkan situasi yang berisiko," jelas Keratsky.

Dia menambahkan, berbeda dengan orang dewasa, Anda harus memaksa diri untuk minum air putih melebihi rasa haus untuk menghindari dehidrasi.

Bayi Menyusui

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya