Bahaya Membiarkan Si Kecil Main Hujan-hujanan

Ilustrasi hujan.
Sumber :
  • Pixabay/ Holeysocksart

VIVA.co.id – Sebagian besar orangtua seringkali melarang buah hati bermain saat hujan. Khawatir akan flu dan demam, menjadi salah satu alasan orangtua melarang si kecil main hujan-hujanan.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Namun sebagian orang meyakini, sesekali main hujan-hujanan tak masalah untuk si kecil. Sebab, Saat bermain hujan, tubuh anak berupaya mengimbangi perubahan suhu yang drastis, sama juga dengan mandi air dingin. Dengan membiarkan anak sesekali bermain hujan, maka tubuhnya akan lebih mampu berdaptasi dengan hujan (suhu dingin).

Namun, kapan sebaiknya anak dilarang untuk main hujan-hujanan?

Main Hujan Bisa Langsung Bikin Batpil dan Pusing?

dr.Adnan Yusuf dari MeetDoctor mengatakan, bahwa kondisi air hujan akan berbeda di setiap tempat. Jika jika Anda berada di dekat kota yang penuh polusi dari kendaraan bermotor, Anda hanya akan mendapatkan air hujan yang beracun yang diencerkan dengan polutan atmosfer, yang tentunya buruk untuk kulit. Bahkan, untuk anak. Jika seperti ini, akan lebih baik, si kecil tak diperbolehkan main atu mandi hujan.

"Sebaiknya Anda tidak membiarkan anak Anda main hujan-hujanan. Datangnya musim hujan biasanya juga diiringi dengan banjir dan menjadi sumber penyakit," kata dr Adnan kepada VIVA.co.id.

Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

Tak hanya itu, saat musim hujan, biasanya daya tahan tubuh seseorang akan sangat mudah drop. Sehingga lebih baik, untuk tidak membiarkan anak terpapar air hujan.

"Karena saat musim hujan, daya tahan tubuh turut menurun sehingga gampang terkena penyakit."

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya