Studi: Sarapan Es Krim Bisa Bikin Kinerja Meningkat

Ilustrasi es krim.
Sumber :
  • Pixabay/JESHOOTS

VIVA.co.id – Setelah sejumlah pakar kuliner mengatakan bahwa tren sarapan berikutnya adalah kue cokelat, kini seorang ilmuwan Jepang mengatakan bahwa sarapan dengan makanan manis bukan sekadar tren, tapi juga membuat kita lebih pintar.

10 Rekomendasi Sarapan Pagi di Jakarta, Enaknya Bikin Nagih

Dilansir laman Metro.co.uk, Yoshihiko Koga, seorang profesor di Tokyo’s Kyorin University menyatakan, bahwa menyantap menu sarapan berupa es krim akan meningkatkan kesadaran dan kinerja mental seseorang.

Koga sebelumnya telah melakukan serangkaian percobaan klinis di mana para partisipan diharuskan langsung memakan es krim begitu bangun tidur. Mereka kemudian diminta untuk menyelesaikan serangkaian latihan mental di komputer.

Awas, 10 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi di Pagi Hari

Koga kemudian menemukan bahwa bila dibandingkan dengan kelompok yang tidak memakan es krim, mereka yang memakan es krim untuk sarapan menunjukkan reaksi lebih cepat dan memiliki keterampilan memproses informasi lebih baik.

Tidak hanya menguji dengan es, Koga juga mengulangi tes yang sama dengan air dingin. Dari percobaan ini terlihat adanya peningkatan dalam kewaspadaan para partisipan, tapi tidak mendekati derajat pada mereka yang memakan es krim. Jadi, kemungkinan ini karena perpaduan rasa dingin dan gula.

Jangan Asal Pilih, Ini Tips Pakar Pilih Susu untuk Sarapan Pagi

Meski demikian, belum dipastikan apakah manfaat mental ini melebihi efek kesehatan dari menyantap es krim untuk sarapan. Penelitian lebih lanjut pun dibutuhkan untuk melihat apakah konsumsi es krim setiap hari akan memberikan dampak jangka panjang pada proses mental.

Tapi, untuk saat ini, hasil temuan ini bisa menjadi alasan kuat Anda menikmati es krim di pagi hari.

Es krim dengan espresso

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya