Konsumsi Kacang Kenari Setiap Hari Bikin Pria Bahagia

Ilustrasi Kacang Kenari
Sumber :
  • Pixabay/ 955169

VIVA.co.id – Konsumsi makanan yang sehat, ternyata bisa membuat suasana hati bahagia. Dan tahukah Anda, konsumsi sejumlah kenari setiap hari ternyata dapat membantu kaum muda meningkatkan suasana hatinya, sehingga mampu mengatasi stres di kehidupan sehari-hari. 

Diet Protein Tinggi, Solusi Turunkan Berat Badan dengan Kilat

Studi terbaru menyebutkan, sebagai camilan padat, nutrisi kenari bisa menimbulkan rasa bahagia.

Para peneliti menemukan, peningkatan yang signifikan dalam suasana hati anak muda laki-laki sehat yang mengonsumsi kenari setiap hari selama delapan pekan.

Sederet Tips Diet Sehat yang Aman Bagi Kesehatan Tubuh

"Sebelumnya, studi tentang kenari telah menunjukkan efek menguntungkan pada banyak hasil kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas," kata peneliti Peter Pribis, profesor di University of New Mexico di Amerika Serikat.

"Studi kami berbeda karena berfokus pada kognisi, dan dalam hal ini, lewat uji coba secara acak terkontrol (CRT). Kami mengukur hasil suasana hati pada laki-laki dan perempuan," tutur Pribis.

Ini 6 Makanan Diet Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi

Para peserta penelitian adalah 64 siswa berusia antara 18-25 tahun. Para peserta diminta untuk makan tiga potong roti pisang setiap hari selama 16 pekan. Delapan pekan pertama, mereka diminta mengonsumsi roti pisang dengan kenari dan delapan pekan berikutnya, roti pisang tanpa kenari.

Kacang kenari ditumbuk halus ke dalam adonan, jadi dua roti pisang memiliki rasa dan penampilan yang mirip. Sambil makan roti pisang dengan kenari peserta mengonsumsi setengah cangkir kenari setiap hari.

Suasana hati para siswa diukur pada akhir setiap periode delapan pekan. "Kami menggunakan kuesioner untuk memvalidasi yang disebut Profiles of  Mood States (POMS)," kata Pribis.

Ini adalah salah satu ukuran suasana hati yang paling banyak digunakan dan diterima dalam studi tentang kognisi. "Tes ini memiliki enam suasana domain, ketegangan, depresi, kemarahan, kelelahan, semangat, kebingungan dan juga menyediakan skor Total Mood Disturbance (TMD)," Pribis menjelaskan.

Para peneliti menemukan bahwa konsumsi kenari menyebabkan peningkatan signifikan dalam suasana hati untuk remaja laki-laki yang sehat. Untuk laki-laki remaja yang sehat, kenari tampaknya memiliki kemampuan untuk memperbaiki mood.

Para peneliti mengatakan, ada beberapa nutrisi dalam kenari yang bisa bertanggung jawab untuk meningkatkan suasana hati seperti asam alfa-Linolenic, vitamin E, folat, polifenol atau melatonin.

"Namun kami tidak melihat perbaikan suasana hati pada wanita. Mengapa ini, kami tidak tahu," kata Pribis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya