Jenis Sup yang Tidak Direkomendasikan Ahli Gizi

Ilustrasi sup.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak pilihan sup yang kini ditawarkan di beberapa restoran. Meski nampak sehat, ternyata kandungan sup tersebut, tidak sehat seperti yang Anda bayangkan.

Resep Dokter, Sup Sehat untuk Penderita GERD

Seringkali Anda terkecoh dengan nama sup yang mengandung sayuran sehat. Padahal, bisa saja, sup tersebut memiliki kandungan lain yang sebenarnya kurang sehat. Berikut beberapa jenis sup yang sebaiknya dihindari saat memesan di restoran, dikutip dari laman Prevention.

1. Brokoli cheddar

Jakarta Diguyur Hujan, Ini Resep Sup Ayam Penghangat Tubuh

Terkesan dengan nama brokoli? Jangan terkecoh karena sup tersebut juga memiliki kandungan keju di dalamnya. Menurut pakar nutrisi, Edwina Clark, sup tersebut juga biasanya mengandung sodium dan lemak jenuh, yang dapat memicu radang dan penyakit jantung.

2. Chicken noodle

Sup Ayam yang Direbus 12 Jam Ini Bisa Bikin Kulit Mulus

Mie ayam biasanya memiliki penggemar yang banyak di tiap restoran yang menyediakannya. Padahal, semangkuknya mengandung sodium dalam jumlah yang tidak sedikit. Ahli gizi, Tracy Lesht menuturkan bahwa konsumsi sodium yang berlebihan memicu kerusakan jantung seperti hipertensi.

3. Hot and sour

Semangkuk sup ini sudah pasti mengandung sekitar 900 mg sodium, di mana hal itu melebihi 38 persen kebutuhan sodium yang direkomendasikan untuk tubuh. Terlalu banyak kandungan garam, dapat memicu retensi air di tubuh. Hal tersebut dapat membuat tubuh merasa haus, bengkak dan kembung.

4. Loaded baked potato

Masalah dari semangkuk sup lezat ini tidak hanya pada kentang, tapi bumbu yang turut ditambahkan di dalamnya seperi keju, krim, bacon dan butter. Hal ini dapat memicu timbulnya kolesterol akibat banyaknya lemak jenuh yang terkandung dalam semangkuk sup itu.

5. Lobster bisque

Bisque merupakan penambah kekentalan pada sup krim yang berperan besar dalam lemak jenuh. Tidak hanya itu, lobster juga dapat memicu kolesterol, sehingga sup ini sebaiknya dihindari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya