Kisah Hidup Wanita Tertua di Dunia, Berusia 117 Tahun

Ilustrasi wanita lanjut usia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bisa hidup panjang umur, hingga usia 100 tahun, merupakan anugerah dari Tuhan. Dan hal ini, dialami  Emma Morano.

Rahasia Umur Panjang Hingga 100 Tahun Lebih, Kata Ahli Gizi: Kelola Stres dengan Baik

Wanita ini, dinobatkan sebagai satu-satunya orang yang hidup selama lebih dari 100 tahun. Dia lahir di tahun 1800-an. Emma Morano hidup di tiga abad ini membuatnya menjadi orang tertua di dunia yang masih hidup.

Selama bertahun-tahun, dia selamat dalam beberapa perang, juga selamat dari kekerasan dalam pernikahan. Dalam hidupnya, dia juga kehilangan anak satu-satunya.

Viral Wanita Umur Panjang Hingga 111 Tahun, Ternyata Ini Penyebabnya

Dilansir dari Time, Morano, yang merayakan ulang tahun ke-117-nya pada Selasa, 29 November 2016, diceritakan memiliki umur panjang karena pengaruh faktor genetika dan juga pola makan. Ibunya hidup selama 91 tahun dan banyak dari adik-adiknya yang hidup hingga 100 tahun.

Morano hampir setiap harinya mengonsumsi tiga telur. Dua di antaranya telur mentah, atas rekomendasi dari dokter setelah kasus anemia, sejak dia masih remaja.  Sekarang, dia mengurangi hanya dua telur dan beberapa biskuit.

Manusia Tertua Keempat di Dunia dan Tertua di AS Meninggal Dunia

Morano pernah mengusir suaminya setelah bayi laki-lakinya meninggal pada tahun 1938, menurut sebuah wawancara dengan surat kabar La Stampa. Pernikahannya mengalami banyak masalah. Meski pun mereka tinggal terpisah, Morano tidak pernah bercerai dengan suaminya, dan memilih untuk tidak menikah lagi.

"Saya tidak ingin didominasi oleh siapa pun," kata Morano.

Sebagai penghormatan kepada kehidupan Morano yang luar biasa, akan ada pertunjukan musik menceritakan kisah hidupnya, yang menurut penulis drama ini, mewakili keberanian kaum wanita yang memberontak terhadap kekerasan dalam rumah tangga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya