Mengenal Peralatan Penting yang Harus Ada dalam Ambulans

Perlengkapan dalam mobil ambulans
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Diza Liane Sahputri

VIVA.co.id – Ambulans merupakan kendaraan penolong, untuk seseorang dalam keadaan gawat darurat menuju ke rumah sakit. Untuk itu, dalam sebuah mobil ambulans, dibutuhkan tiga hal penting yang jarang diketahui masyarakat luas.

Menguak Manfaat Ajaib Si Manis Buah Srikaya

Seringkali, stigma masyarakat terhadap mobil ambulans hanya sebagai mobil pengantar saja. Padahal, ambulans merupakan pion pertama untuk penanganan kasus kegawatdaruratan.

Sehingga, dalam sebuah mobil ambulans, butuh tiga hal penting yang sudah seharusnya ada untuk kepentingan kegawatdaruratan. Tiga hal tersebut yakni alat bantu napas, dc shock, dan monitor.

Parto Patrio Terbaring dibawa Pakai Ambulans, Sakit Apa?

"Ambulans yang membawa pasien, harus sudah mencakup standar yang telah ditetapkan. Ambulans harus memiliki ventilator, sebaiknya yang sudah otomatis, sebagai alat bantu napas," ujar Siloam Head Blu Plaza, dr. Nicolas Frits Turangan, di Siloam Blu Plaza,Bekasi Timur, Selasa, 6 Desember 2016.

Kemudian, lanjut Nico, dc shock wajib ada sebagai pemicu alat pompa jantung. Lalu, untuk melihat perkembangan pasien, butuh monitor yang praktis di dalam sebuah mobil ambulans.

Terpopuler: 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang hingga 7 Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

Selain ketiga hal itu, para tenaga medis yang ditugaskan ikut dalam ambulans, sudah seharusnya mereka yang terlatih dalam penanganan kasus-kasus kegawatdaruratan. Di mana, para tenaga medis tersebut melingkupi satu dokter umum dan dua perawat dengan titel ners.

"Karena ini menyangkut nyawa orang, jadi mereka yang ikut di dalam mobil ambulans, harus memiliki pengalaman kasus gawat darurat," kata Nico.

Buah manggis

Menguak Manfaat Ajaib Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Buah manggis, si ratu buah tropis yang menggoda selera dengan daging buahnya yang putih bersih dan manis yang legit, ternyata menyimpan segudang manfaat luar biasa.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024