Kenali Gejala Sederhana Sindrom Kelelahan Kronik

Ilustrasi lelah
Sumber :
  • Pixabay/ Unsplash

VIVA.co.id – Lebih dari satu juta orang di Amerika menderita sindrom kelelahan kronik. Namun, tidak jarang, banyak orang yang masih belum memahami gejala dari sindrom tersebut.

Perbedaan Gejala COVID-19 Antara Pria dan Wanita Menurut Penelitian

Dokter keluarga, Jennifer Caudle, DO, menuturkan bahwa penyebab dari sindrom tersebut, masih belum diketahui secara pasti. Tetapi, beberapa hal ini merupakan gejala yang mungkin saja Anda alami, dikutip dari laman Prevention.

1. Merasa lelah

3 Tanda Ini Menunjukan Ada yang Tidak Beres dengan Tubuh

Menurut ahli terapis, Vivian Eisenstadt, saat sindrom ini hadir, seluruh tubuhnya akan terasa lelah. Bahkan, ia merasa seluruh sel di tubuhnya akan mengalami penurunan fungsi, seperti kesulitan untuk sekadar berjalan kaki.

2. Gangguan tidur

Hati-hati, Gampang Lelah Bisa Menjadi Pertanda Gagal Jantung

Sekitar 80 persen orang dengan sindrom kelelahan kronik akan melaporkan kesulitan tidur. Gangguan tidur tersebut mencakup sulit untuk tidur maupun terasa berat untuk bangun dari tidurnya dan merasa kurang waktu tidur.

3. Sulit konsentrasi

Gejala yang paling sering terjadi adalah sulit berkonsentrasi saat tubuh kelelahan. Hal ini wajar terjadi, karena fungsi otak akan sangat menurun karena tubuh kelelahan.

4. Cepat marah
Perasaan lelah akan membuat tubuh cepat terpicu secara emosional. Beberapa hal kecil bahkan bisa memicu emosi yang Anda rasakan.

5. Tidak stabil

Saat sindrom kelelahan kronik muncul, biasanya orang akan merasa kesulitan untuk berdiri dengan imbang. Meski belum pasti penyebabnya, namun kondisi ini dinamakan dengan ortostatik intoleransi yaitu adanya penurunan aliran darah yang dibutuhkan otak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya