Lima Tanda Tubuh Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

Ilustrasi garam.
Sumber :
  • Pixabay/kaboompics

VIVA.co.id – Diagnosis terjadinya darah tinggi salah satunya adalah terlalu banyak mengonsumsi garam.

Susah Kontrol Asupan Garam? Begini Caranya Menurut Ahli

Dari sisi medis, konsumsi garam berlebih memang tidak dianjurkan bagi kesehatan. Karena selain memberikan dampak buruk jangka panjang bagi kesehatan, ternyata mengonsumsi garam berlebih efeknya dapat dirasakan secara langsung pada tubuh.

Seperti dilansir dari laman Prevention, berikut ini efek yang bisa dirasakan langsung pada tubuh jika mengonsumsi garam secara berlebih. Efek ini juga bisa dijadikan indikasi bahwa Anda harus segera menghentikan konsumsi garam secepatnya.

Bahaya Kekurangan Garam Ternyata Mengerikan

Cincin terasa lebih sempit

Pernahkan merasa cincin di jari Anda menjadi lebih sempit, meski berat badan Anda tidak naik? Ya, hal ini mungkin terjadi ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak garam.

Benarkah Garam Buruk untuk Kesehatan?

Dr. Mehran Movassaghi dari Providence Saint John, Pusat Kesehatan di Santa Monica, California, mengatakan bahwa tubuh manusia sangat kompleks dan butuh keseimbangan antara cairan dan juga elektrolit.

Mulut terasa kering
 
Setelah mengonsumsi garam dalam jumlah yang banyak, tubuh akan merasakan bahwa kandungan garam dan air mengalami ketidakseimbangan. Akibatnya, otak Anda mengirimkan sinyal rasa haus, yang meminta Anda untuk terus ingin minum. “Untuk mengimbanginya, konsumsilah lebih banyak air,” kata Movassaghi.

Nyeri kepala

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi 3.500 mg sodium memiliki risiko sakit kepala sepertiga lebih berat dibandingkan dengan mereka yang hanya mengambil 1.500 mg. Hal tersebut tertulis dalam British Medical Journal.

Ada hubungan yang kuat antara tekanan darah tinggi dan sakit kepala. Karena itu, konsumsi garam berlebih akan berakibat terjadinya nyeri kepala secara langsung, bahkan ketika Anda tidak memiliki riwayat darah tinggi sekalipun.

Sering buang air kecil

Konsumsi garam berlebih akan membuat Anda merasa ingin buang air kecil setiap saat. Ketika kadar natrium dalam darah berlebih, secara otomatis ginjal akan bekerja lebih keras untuk membersihkan kadar garam dalam tubuh Anda. Hal tersebut berdampak pada rangsangan kandung kemih yang membuat Anda selalu ingin buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Brain fog

Brain fog atau otak berkabut, adalah istilah bagi kondisi kaburnya kesadaran atau melemahnya fungsi otak. Hal tersebut ditandai oleh melemahnya daya ingat.

Seperti yang tercantum dalam Journal of Nutrition Study bahwa konsumsi garam berlebih adalah salah satu pemicu munculnya brain fog. Disebutkan bahwa garam sebabkan dehidrasi yang berdampak pada penurunan daya pikir dan konsentrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya