Konsumsi Keju Jenis Ini Tiap Hari Baik untuk Jantung

Keju.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Selain lezat, ternyata keju juga mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Bahkan, mengonsumsi berbagai jenis keju Italia tertentu diyakini bisa melindungi jantung. Ini merupakan penelitian terbaru dari Journal of American Society of Hypertension.

Menjaga Kesehatan Jantung: Kunci untuk Hidup yang Lebih Panjang dan Lebih Sehat

Dalam studi tersebut, orang dengan tekanan darah tinggi yang makan satu ons Grana Padano, keju yang sedikit keras dan mirip dengan Parmigiano Reggiano setiap hari selama dua bulan, mampu meningkatkan tekanan darah sistolik sekitar 7-8 milimeter merkuri ( mm Hg) dan tekanan darah diastolik dengan 5-7 mm Hg, demikian dilansir dari Prevention.

Grana Padano mengandung dua senyawa yang disebut isoleusin-prolin-proline (IPP) dan valin-prolin-proline (VPP), yang dapat merelaksasi pembuluh darah untuk menurunkan tekanan darah Anda, kata salah seorang peneliti Giuseppe Crippa, MD, direktur unit hipertensi di Rumah Sakit Saliceto Guglielmo Italia.

Lagi Emosi Makan Banyak, Hati-hati Jantungan

Mereka bertindak mirip dengan obat-obatan tekanan darah yang disebut ACE-inhibitor seperti Lotensin dan Capoten yang menghentikan produksi tubuh dari angiotensin II, suatu hormon aktif yang menyempitkan pembuluh darah untuk meningkatkan tekanan darah.

"Temuan penelitian ini adalah berita baik bagi jantung Anda, tapi itu bukan alasan untuk mengonsumsi keju seenaknya," kata Dr Crippa.

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Seminar Kardiologi Digelar Bahas Seputar Gangguan Jantung

Semua keju mengandung lemak dan garam serta kalori, jadi pastikan tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Dr. Crippa merekomendasikan satu ons Grana Padano, atau kira-kira ukuran dua dadu untuk satu porsi sesudah makan setiap hari.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan apakah keju yang sama, seperti Parmigiano, memiliki manfaat yang sama, katanya.

Ilustrasi detak jantung.

7 Hal Sederhana Namun Sering Diabaikan untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat

Kesehatan jantung juga melibatkan aspek gaya hidup seperti pola makan yang sehat, olahraga teratur, manajemen stres, dan kebiasaan hidup lainnya dapat memengaruhi risiko.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024