Ayah Obesitas Berdampak pada Perkembangan Mental Janin

Ilustrasi anak gemuk
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Masa kehamilan mungkin memengaruhi perkembangan janin kelak. Ternyata, salah satu hal yang juga berdampak pada mental anak kelak yaitu berat badan sang ayah.

Pembunuh Wanita Hamil di Ruko Kelapa Gading Ditangkap

Menurut National Institutes of Health (NIH), peneliti menemukan bahwa anak yang memiliki ibu obesitas bisa berdampak pada masalah motorik dan pada ayah yang obesitas, berisiko membuat anak menjadi tidak kompeten dalam bersosialisasi.

"Studi terdahulu fokus pada berat badan ibu pada sebelum dan sesudah hamil. Studi kami kini menambahkan mengenai dampak berat badan ayah yang berpengaruh pada perkembangan anak," ujar penulis studi, dr. Edwina Yeung, dikutip dari Foxnews.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Para peneliti di studi itu mengobservasi bahwa anak yang memiliki ibu obesitas, sekitar 70 persen lebih gagal dalam menjalani tes terkait kemampuan motorik di usia 3 tahun. Sama halnya dengan ayah yang obesitas, sebesar 75 persen anak usia 3 tahun gagal menjalani tes personal-sosial yang berpengaruh pada interaksinya dengan orang lain.

Terlebih, jika sang anak memiliki ibu dan ayah yang kedua yang obesitas, maka ia berisiko tiga kali lipat gagal dalam menjalani tes penyelesaian masalah di usia tiga tahun.

Wanita Tewas Bersimbah Darah di Ruko, Karyawan: Korban Tinggal Bersama Pacarnya

Meski demikian, para peneliti belum menemukan penyebab dari hubungan berat badan orangtua yang obesitas terhadap perkembangan anak. Mereka berspekulasi, berdasarkan studi pada binatang, obesitas selama masa kehamilan memungkinkan peningkatan radang dan berdampak pada otak janin.

Studi lainnya juga mengungkapkan bahwa obesitas mampu berdampak pada bentuk gen di dalam sperma. Namun, para peneliti tetap membutuhkan penelitian lanjut dalam menganalisis kelambatan perkembangan anak terkait orangtua yang obesitas ini.

Pelaku kasus pembunuhan perempuan hamil di ruko Kelapa Gading, Agustami diketahui merampas ponsel korban sebelum kabur ke Lampung.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Hubungan antara korban dan pelaku adalah pasangan kekasih. Kondisi korban lagi hamil dan sudah jalin hubungan dengan pelaku selama tiga tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024