Tidur 1 Jam Setelah Makan Siang Mampu Buat Anda Awet Muda

Ilustrasi tidur siang
Sumber :
  • pixabay/Hans

VIVA.co.id – Menurut sebuah penelitian terbaru, tidur siang selama satu jam setelah makan siang dapat membuat otak Anda lebih muda lima tahun. Namun, para peneliti juga menemukan kalau waktu tidur yang lebih lama atau pendek tidak akan menghasilkan efek yang sama.

Tinggal di Sini 100 Hari Bisa Awet Muda

Dilansir Daily Mail, penelitian tersebut melibatkan sekitar 3.000 responden China berusia lebih dari 65 tahun, 60 persen di antaranya melaporkan mereka selalu tidur siang setelah makan siang selama 30-90 menit.

Para partisipan tersebut kemudian diberikan soal matematika sederhana dan tes ingatan untuk menilai kemampuan kognitif mereka.

Dijuluki Vampirnya Indonesia karena Awet Muda, Ricky Harun: Makan Darah Suci

Penelitian yang diterbitkan di Jurnal American Geriatrics Society ini menemukan bahwa orang yang tidur selama satu jam setelah makan siang mendapatkan hasil tes yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak tidur siang.

Bahkan, mereka yang tidur lebih sebentar. lebih lama, atau tidak sama sekali menunjukkan adanya penurunan keterampilan kognitif 4-6 kali lebih besar dibandingkan mereka yang tidur lebih lama.

Bukan Cuma Mengencangkan Otot, Pilates Ternyata Bikin Awet Muda, Kok Bisa?

"Mereka juga mengalami penurunan yang sama dalam hal kemampuan mentalnya, penambahan usia lima tahun diperkirakan adalah penyebabnya," kata peneliti utama Dr Junxin Li.

Dr Li menambahkan, fungsi kognitif sangat terkait erat dengan tidur siang. Perbandingan menunjukkan bahwa tidur siang yang cukup memberikan perkembangan kognitif yang baik dibandingkan yang tidak tidur saing atau tidur siang dalam waktu lama.

"Yang tidak tidur siang juga menunjukkan adanya kemampuan kognitif yang sangat buruk dibandingkan yang tidur hanya sebentar," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya