Studi: Tes Darah Mampu Memprediksi Usia

Ilustrasi Tes Darah
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA.co.id – Siapa sangka, tes darah bisa menentukan seberapa panjang usia Anda. Penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini menyebutkan bahwa gen di dalam darah mampu memengaruhi usia.

Dokter Hewan Muda Ciptakan Benang Katun Penganalisis Darah

Penelitian yang dilaporkan oleh Live Science ini juga menyebutkan bahwa hasil temuan tersebut berawal dari alat pendeteksi gen yang menggabungkan antara gaya hidup dan genetik yang dihitung dan disimpulkan melalui tes darah.

"Banyak alat digunakan untuk prediksi suatu kelainan atau penyakit. Tapi kali ini, alat biomarkers (petunjuk biologis) yang dapat mengindikasikan seberapa panjang usia seseorang dan risiko spesifik terkait sindrom atau kelainan yang mungkin saja menimpanya di usia tertentu," tulis studi itu, dikutip dari laman Fox News.

Bakal Nikahi Wiwiet Tatung, Anwar Fuady Ungkap Jatuh Cinta di Usia Senja Beda Rasanya

Perlu dijelaskan, biomarker adalah petunjuk biologis yang di peroleh dari unsur biologis tubuh yang dapat digunakan untuk menunjuk adanya keterpaparan yang mengakibatkan timbulnya penyakit.

Untuk studi ini, para peneliti telah memastikan angka antara biomarkers dan sampel darah. Terdapat 19 biomarkers untuk sampel darah dari 4.700 orang.

Anindya Bakrie Optimistis Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024 Paris

Biomarkers ini menelaah kesehatan mencakup sistem imun, metabolisme, dan ginjal pada mereka yang berusia 30 hingga 110 tahun. Analisis kesehatan tersebut sudah termasuk kadar penyakit yang akan menyerang.

Sehingga, tes darah dengan menggunakan biomarker, membuat orang-orang lebih memahami risiko penyakit pada tubuhnya. Dengan demikian, beberapa gejala yang muncul bisa diatasi dengan sesegera mungkin.

Ilustrasi Tes Darah

Kenali Manfaat Tes Darah Usai Lebaran

Makanan tinggi kolesterol sering jadi hidangan lebaran

img_title
VIVA.co.id
10 Juni 2019