Cara Sehat Berargumen Masalah Sensitif dengan Pasangan

Ilustrasi pasangan sedang bertengkar.
Sumber :
  • pixabay/LindsayFox

VIVA.co.id – Setiap pasangan, pasti akan memiliki momen berbeda pendapat. Meski menyebabkan sedikit argumentasi dan meluapnya emosi, ternyata argumentasi secara sehat dapat dilakukan untuk kelanggengan hubungan.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Tidak peduli seberapa sempurna pasangan suami istri, karena perkelahian dan perbedaan pendapat pasti akan dialami. Namun, untuk menjaga hubungan tetap harmonis, adu mulut secara sehat dapat dilakukan, berikut dikutip dari laman Prevention.

1. Masalah keuangan

Dokter Boyke Ungkap Fetish Seks dengan Mayat hingga Penyebabnya

Menurut terapis, Franklin Porter, PhD, adu argumentasi terkait keuangan akan menimbulkan emosi terdalam. Franklin menyarankan, untuk kedua pasangan, agar melihat masalah dengan rasa empati. Jadi, jalani obrolan hangat terkait hal-hal yang diprioritaskan dalam masalah keungan dan saling terima masukan dari pasangan.

2. Masalah seks

Dokter Boyke Ungkap Ada Fetish Nyleneh, Terangsang Jika Cium Popok Bayi

Isu paling kuat terkait seks, menurut Franklin, yaitu libido yang tidak pas antara kedua pasangan. Terapis itu menyarankan, untuk masing-masing pasangan tidak sungkan membuka obrolan terkait seks kepada pasangannya.

Jangan pernah menggunakan kata 'selalu' dan 'tidak pernah', untuk menyerang pasangan Anda terkait masalah ranjang ini. Ungkapkan apa yang Anda dirasakan dengan tenang. Hal itu akan membuat pasangan merespons dengan tenang dan akhirnya bisa mendiskusikan solusi untuk selesaikan masalah.

3. Kurang waktu berkualitas

Lagi-lagi smartphone menjadi sebuah pemicu di isu ini. Faktanya, tiap individu butuh waktu untuk berjauhan dengan smartphone miliknya, agar bisa berdiskusi dengan orang-orang nyata di sekelilingnya.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya salah satu pasangan harus mengalah dengan berjauhan dengan smartphone dan urusan kerja saat di rumah. Diskusikan secara tenang mengenai pola memegang smartphone saat berada di rumah, agar waktu lebih berkualitas. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya