Konsumsi Taoge Tingkatkan Kesuburan, Benarkah?

Bubur ayam taoge
Sumber :
  • VIVAlife/Stella Maris

VIVA.co.id – Taoge atau kecambah merupakan salah satu jenis sayuran yang dipercaya mampu meningkatkan kesuburan sperma pria, karenanya banyak pasangan yang ingin memiliki keturunan memilih untuk sering-sering mengonsumsinya. Namun, benarkah taoge memiliki khasiat seperti itu?

Tanya Dokter: Bagaimana Solusi Mengatasi Masalah Kesuburan?

Ternyata taoge tidak berbeda dengan sayuran jenis lainnya yang fungsinya mampu meningkatkan kualitas sel-sel tubuh. Namun, taoge memiliki kandungan asam folat dan vitamin E yang sedikit lebih tinggi dibanding jenis sayuran lainnya.

"Taoge sendiri tidak jauh berbeda dengan sayuran yang lain. Ia mengandung vitamin E dan asam folat yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk kesuburan, tapi tidak murni hanya taoge saja," ujar spesialis ObGyn, dr. Ridwan Mahmuddin SpOG, kepada VIVA.co.id di RS Evasari, Jakarta, Senin 16 Januari 2017.

Pentingnya Asupan Asam Folat dan Vitamin C untuk Menjaga Imunitas

Dilanjutkan Ridwan, kadar vitamin E dan asam folat yang tinggi tersebut tidak semata-mata langsung meningkatkan kesuburan, namun dibutuhkan asupan lainnya.

"Sperma dan sel telur harus dengan kondisi baik, maka dari itu membutuhkan sayur dan buah yang mengandung antioksidan. Selain di taoge, banyak sayuran lain yang juga baik untuk menjaga kondisi sperma dan sel telur," jelas Ridwan.

Sulit Hamil? Kenali Ragam Penyebabnya

Sehingga, tidak betul dengan konsumsi taoge maka kesuburan pria maupun wanita dapat meningkat. Yang paling penting, Ridwan mengingatkan untuk mengenali gangguan reproduksi yang mungkin saja menyerang tubuh.

"Lihat di mana gangguan kesuburannya. Kalau gangguannya diproduksi sperma, perbaiki kualitas makanannya. Kalau gangguannya karena ada infeksi atau penyumbatan, jelas itu harus diobati dan tidak bisa dengan asupan makanan saja," kata dia.

Ilustrasi wanita

Vitamin dan Mineral yang Harus Dikonsumsi Wanita

Namun, adalah penting bahwa Anda mendapatkan dosis harian vitamin dan mineral di semua biaya. Berikut adalah daftar vitamin dan mineral terpenting

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2022