Anak Penyuka Pahlawan Super Memiliki Sikap Lebih Agresif

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • pixabay/Tobbo

VIVA.co.id – Studi terbaru mengungkapkan bahwa anak-anak yang begitu dekat dengan sosok pahlawan super, cenderung akan menunjukkan sikap lebih agresif di usianya mendatang. Para peneliti menganalisis tiga jenis sikap agresif anak yakni secara fisik, psikis dan verbal.

Chelsea Islan Ungkap Persiapan dan Latihan Berat yang Dijalani untuk Bintangi Serial Tira

Para peneliti telah dua kali mengevaluasi pada 240 anak pra sekolah dan taman kanak-kanak, di empat situs di Amerika Serikat. Mereka menganalisis kadar dari tiap jenis sikap agresif yang mencakup fisik (memukul, menendang), psikis (menyakiti perasaan anak lain dengan mengabaikan mereka), dan verbal (panggilan nama yang kurang baik).

Para orangtua diminta melaporkan sosok pahlawan super kesukaan anak-anaknya dan seberapa besar rasa suka anak-anak dengan seberapa sering menonton film terkait pahlawan super itu. Para anak-anak tersebut juga diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan.

Ini yang Membedakan Tira dengan Superhero Bumilangit Lainnya Menurut Chelsea Islan

Dari kedua hal itu, para peneliti menyimpulkan bahwa anak-anak yang lebih dekat dengan pahlawan super, akan memberikan sikap lebih agresif terkait fisik dan psikis pada evaluasi keduanya. Bahayanya lagi, anak-anak tersebut bahkan tidak menunjukkan sikap menolong layaknya pahlawan super, seperti membantu teman di lingkungannya.

"Anak-anak di usia yang cenderung muda, mungkin lebih berisiko pada efek negatif dari paparan kekerasan di media, bahkan melalui wadah film pahlawan super," tulis peneliti, dikutip dari Fox News.

Saking Senangnya, Chelsea Islan Gak Pikir Panjang Terima Tawaran Bintangi Series Tira

Sehingga, para peneliti berpendapat, anak di usia muda, akan sangat mudah untuk anak-anak mengikuti sikap para pahlawan super, namun dengan pandangan lebih agresif dan bukan yang pro terhadap pembela kebenaran.

Selain itu, studi tersebut turut berspekulasi bahwa paparan pahlawan super mungkin saja menjadi masalah lain untuk anak-anak yang menontonnya tanpa didampingi orangtua. Bahkan, orangtua cenderung beranggapan bahwa paparan film pahlawan super akan membuat si kecil bersikap mencintai dan menolong sesama. (ase)

The Worst of Evil

Kumpulan Tontonan Film dam Serial Seru di Disney+ Hotstar untuk Temani Mudikmu!

Musim mudik sudah mulai tiba! Selain menyiapkan barang bawaan, pastikan juga kamu punya daftar tontonan film dan serial yang menarik untuk menemanimu selama perjalanan.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024