Nanas Bikin Mandul, Fakta atau Mitos

Buah nanas.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA.co.id – Banyak rumor yang beredar bahwa ada buah buahan tertentu yang tidak baik dikonsumsi oleh wanita, sebab mampu menimbulkan keputihan. Sebut saja nanas dan mentimun, dikatakan dua buah segar ini mampu memicu masalah pada reproduksi wanita hingga menyebabkan kemandulan. Benarkah demikian.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Setelah ditelusuri oleh VIVA.co.id, ternyata rumor tersebut hanyalah mitos. Spesialis ObGyn, dr. Ridwan Mahmuddin SpOG menyebutkan demikian.

"Salah, itu hanya mitos. Tidak ada penelitian yang mengatakan buah nanas menyebabkan mandul, keputihan dan sebagainya, tidak benar," ujar dr. Ridwan kepada VIVA.co.id di RS Evasari beberapa waktu lalu.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Sebaliknya, buah nanas yang matang sangat baik dikonsumsi oleh kaum wanita, karena khasiatnya yang menyehatkan sel-sel di tubuh. Bahkan, sangat baik untuk menjaga kualitas sel telur.

"Justru nanas mengandung anti oksidan tinggi, sehingga bagus untuk kualitas sel telur. Bahkan, nanas juga bagus untuk usia kehamilan muda," lanjut Ridwan.

Rasa Gatal di Mulut Akibat Makan Buah Nanas, Ternyata Ini Penyebabnya

Manfaat buah nanas tersebut cukup menjaga kesuburan sel telurnya, maka sebaiknya buah nanas tidak dihindari.

Hal tersebut ternyata juga berlaku untuk kabar angin mengenai mentimun, yang dikhawatirkan menyebabkan masalah pada reproduksi wanita.

"Tidak ada masalah saat konsumsi timun, silakan saja. Manfaat timun sama saja dengan sayuran lainnya, tidak perlu dihindari," kata Ridwan. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya