Jamur Diklaim Mampu Cegah Alzheimer

Ilustrasi jamur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Selain sering digunakan sebagai bahan makanan, ternyata jamur juga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Studi terbaru menemukan bahwa jamur bermanfaat meningkatkan kesehatan otak. Kandungan dalam jamur, memungkinkan untuk menjaga otak dari penyakit degeneratif seperti demensia dan alzheimer.

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food, menemukam bahwa konsumsi beberapa jenis jamur memungkinkan untuk menjaga tubuh dari stimulasi neurotoksin, semacam peradangan, dan meningkatkan kemampuan perkembangan otak. Kedua proses tersebut, berkontribusi kepada penyakit neurodegeneratif, termasuk demensia, alzheimer, hingga Amyotrophic Lateral Scleoris (ALS).

Neurodegeneratif adalah penyakit progresif dari sistem saraf yang berhubungan dengan kerusakan dari sel-sel saraf, sehingga mempunyai banyak fungsi mulai dari pengendalian gerakan, akuisisi pengolahan informasi sensorik, pengambilan memori, serta dalam membuat keputusan.

Sadis, Pegulat WWE Chris Benoit Bunuh Anak dan Istri Lalu Gantung Diri

"Studi terbaru mungkin menjadi stimulasi untuk identifikasi lebih banyak makanan yang mampu menjadi neuroprotektif (pelindung sel syaraf neuron)," ujar peneliti, Sampath Parthasarathy, dikutip dari laman Medical Daily.

Selama ribuan tahun silam, jamur dipercaya menjadi obat alami untuk manusia. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa fungi mengandung vitamin D dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, antiinflamasi pada jamur berfungsi untuk menangani asma, gagal ginjal hingga stroke.

5 Makanan Ini Jangan Dipanaskan Ulang Saat Sahur, Ahli Gizi Sebut Bisa Jadi Racun

Tapi, perlu dipahami, tidak semua jamur merupakan jenis yang sehat untuk dikonsumsi. Konsumsi jamur jenis psilocybin, akan menimbulkan halusinasi yang berbahaya untuk otak.

Jenis itu biasanya disebut dengan jamur ajaib, karena berpotensi menimbulkan efek seperti obat yang menyebabkan halusinasi. Sehingga, konsumsi jamur ini harus berada di bawah pengawasan dokter. (one)

Ilustrasi pasien Alzheimer atau Demensia

Terminal Lucidity, Fenomena Seseorang Mendadak Sehat Sebelum Maut Menjemput

Terminal lucidity, dimaknai sebagai fenomena kembalinya “kejernihan” pikiran seseorang secara mendadak menjelang ajalnya. Fenomena ini masih menjadi perdebatan para ahli.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024