Punya Lebih dari Dua Anak Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Ilustrasi detak jantung.
Sumber :
  • Pixabay/Inspiredpictures

VIVA.co.id – Sebuah penelitian baru mengatakan, bahwa jika Anda memiliki lebih dari dua anak, maka Anda berisiko mengidap penyakit jantung. Dan para ilmuwan mengatakan bahwa risikonya sama antara pria dan wanita.

Mantan Istri Bersyukur Bisa Dampingi Donny Kesuma di Masa Kritis

Dikatakan bahwa satu anak memberikan perlindungan pada orangtua, sedangkan lebih banyak anak hanya akan menambah beban finansial pada orangtua.

Penelitian tersebut menemukan bahwa, beban ini kemudian menyebabkan stres bertambah pada ayah, sedangkan perubahan hormon dari kehamilan yang berulang dapat mempengaruhi wanita.

Sebelum Meninggal, Donny Kesuma Ngaku Tekuni Pekerjaan di Dunia Malam Selama 20 Tahun

Dilansir Daily Mail, penelitian yang melibatkan 500.000 orang ini menemukan adanya hubungan yang signifikan antara jumlah anak dan risiko penyakit jantung koroner, penyakit pembunuh nomor satu di dunia.

Para peneliti yang berasal dari China ini mencatat, bahwa memiliki lebih dari dua anak adalah pemicunya, dan orangtua yang memiliki satu anak risikonya akan berkurang.

Riwayat Sakit Donny Kesuma Sebelum Meninggal, Alami Lemah Jantung Hingga Pernah Pasang Ring

Penelitian ini memberikan bukti bahwa kehamilan  memicu perubahan yang mengubah reaksi tubuh terhadap faktor risiko tambahan penyakit kardiovaskuler. Selain itu, hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Circulation ini juga memberikan penjelasan sosial ekonomi.

"Jumlah anak harus dianggap sebagai faktor baru yang mempengaruhi risiko beberapa penyakit kardiovaskuler pada pria dan wanita dan harus dimasukkan ke dalam database untuk dilakukan investigasi lebih lanjut sebagai indikator kesehatan," kata Professor Regitz-Zagrosek, Ketua European Society of Cardiology.

Penelitian lain menemukan bahwa menjalani masa kehamilan selama beberapa kali dapat meningkatkan risiko wanita mengalami detak jantung tidak teratur pada usia lanjut. Kondisi ini disebut dengan atrial fibrilation, kondisi yang dapat menimbulkan penyumbatan darah, gagal jantung dan stroke. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya