Tips Memilih Makanan Bagi Pasien Kemoterapi

Ilustrasi pasien stroke
Sumber :
  • Pixabay/ TusitaStudio

VIVA.co.id – Ketika menjalani kemoterapi, nafsu makan para pasien biasanya akan ikut terpengaruh. Rachael Eden, seorang praktisi diet dan coach dari pusat kesehatan di Inggris bernama Bupa, mengatakan mereka yang hidup dengan kanker, akan merasakan makanan yang menyenangkan menjadi mengecewakan.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Oleh karena itu, Eden berbagi tips dan trik dalam memilih makanan selama menjalani proses kemoterapi. Mulai dari menggunakan peralatan makanan berbahan plastik untuk menghindari rasa besi hingga memilih ayam sebagai pengganti daging merah.

"Mereka yang menjalani perawatan ini seringkali ragu memilih makanan apa yang terbaik, karena hal ini bisa menjadi cukup rumit dan orang sekitarnya pun turut juga ragu bagaimana cara membantu mereka," ujar Eden dikutip dari laman Huffington Post.

Ungkap Idap Kanker, Kate Middleton: Suami dan Anak-Anak Adalah Sumber Kekuatan Saya

Namun, kata Eden, masih ada cara untuk mengatasi hal tersebut. Makanan sehat dan seimbang dapat membantu pasien untuk tetap sehat dan mengembalikan kebugaran mereka setelah menjalani perawatan. Berikut beberapa tips memilih makanan dari Eden untuk mereka yang menjalani proses kemoterapi.

1. Tetap terhidrasi. Selalu jaga asupan cairan dalam tubuh baik dari air putih atau buah sayur yang kaya cairan.

Didiagnosis Kanker Pasca Operasi, Kate Middleton Jalani Kemoterapi

2. Membuat sup menjadi pilihan yang mudah dan dapat meningkatkan asupan energi tubuh karena kandungan daging ayam di dalamnya. Anda dapat tambahkan keju dalam sup ini.

3. Pilih makanan yang padat gizi seperti alpukat, biji-bijian atau kacang-kacangan sebagai cadangan energi.

4. Sebaiknya konsumsi roti yang terbuat dari gandum utuh ketimbang roti tawar.

5. Jangan makan terlalu banyak dan konsumsi makanan berkalori tinggi.

6. Jika indra perasa sedang terganggu, coba ganti sejenak makanan dengan yang lebih dingin, jangan santap makanan hangat atau panas beberapa saat.

7. Sebagian penderita kanker yang sedang menjalani perawatan, makanan yang dicicipi dapat terasa terlalu kuat atau terasa seperti logam. Hal ini terjadi akibat penyebaran obat kemoterapi menyebabkan indra perasa rusak dan rasa makanan menjadi berubah.

Daging merah misalnya, dapat berubah rasa menjadi logam, olah karena itu sebaiknya pilih daging lain seperti ayam dan white meat lain. Cobalah untuk memasak daging dengan tambahan pemanis seperti gula, sour sauce atau cuka.

8. Hindari penggunaan alat makan berbahan logam untuk mengurangi rasa logam tentunya.

9. Mual adalah hal yang kerap terjadi bagi mereka yang menjalani kemoterapi. Cara ini bisa diatasi dengan mengonsumsi minuman dengan kadar gula tinggi, hindari aroma makanan yang terlalu keras dan miliki pola makan yang teratur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya