Sudah Dewasa Tapi Masih Takut Gelap, Normalkah?

Ilustrasi pria merasa tertekan.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Suasana ruangan yang gelap, cenderung ditakuti oleh anak-anak. Namun, masih banyak juga ditemukan mereka yang telah dewasa, memiliki ketakutan pada suasana ruangan gelap ini.

Gejala dan Cara Mengatasi Ergophobia, Ketakutan pada Pekerjaan

Ternyata, takut gelap pada orang dewasa, masih terhitung normal. Bahkan, menurut para peneliti, hal itu wajar dialami oleh banyak orang dewasa saat ini.

Menurut psikologis klinik, John Mayer, Ph.D., ketakutan pada ruangan gelap masih wajar dirasakan oleh orang dewasa dan angka kejadiannya, mengalahkan jumlah mereka yang takut pada ketinggian.

Labfor Datang Berulang Ungkap Penyebab Kebakaran Kantor BPOM

"Terhitung sebanyak 11 persen dari populasi orang dewasa di Amerika Serikat, takut akan gelap," kata dia.

Sementara itu, psikolog klinik, Alicia H. Clark menjelaskan bahwa hal itu akibat dari hilangnya rasa nyaman.

10 Tips Melawan Rasa Takut atau Phobia

"Kegelapan masuk dalam penglihatan, sangat hening, dan memberi rasa tidak nyaman," ucapnya dilansir dari laman Glamour.

Alicia menambahkan, berjalan di tempat sepi di malam hari, tentunya memberi rasa tidak nyaman. Hal itu terjadi sebagai usaha tubuh untuk mempertajam kemampuan proteksi diri.

Namun, rasa takut tersebut, harus diatasi. Alicia menjelaskan, cara menangkalnya yaitu dengan menjalani kegelapan itu. Cara tersebut, disertai dengan pikiran akan keamanan diri yang tetap terjaga, meski di dalam keadaan gelap.

Selain itu, Anda bisa memulai kebiasaan di ruangan gelap secara perlahan. Misal, tidur dengan keadaan lampu yang redup terlebih dahulu. Selain itu, memasang lampu otomatis, juga bisa membantu Anda mengatasi rasa takut tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya