Trik Singkat Turunkan Berat Badan Lewat Mindful Eating

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Makan memang menjadi kebutuhan utama bagi kita untuk tetap hidup. Tapi ketika makan, seberapa sering Anda menikmati dengan sungguh-sungguh apa yang Anda makan?

Demi Totalitas Perankan Glenn Fredly, Marthino Lio Sampai Lakukan Hal Ini

Konsep mindful eating bukan suatu yang baru, karena selama bertahun-tahun sejumlah ahli kesehatan sudah memuji nilai dari menghargai makanan Anda, bukan hanya sekadar menyuap makanan ke dalam mulut.

Sejumlah penelitian pun sudah menunjukkan bahwa mindful eating dapat mengurangi bobot tubuh dengan usaha minimal. Tapi pertanyaannya, bagaimana melakukan mindful eating?

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Dilansir The Independent, seorang ahli mengungkapkan teknik yang sudah diuji coba olehnya, yang bisa membantu kita makan secara sadar, teknik itu disebut dengan 'latihan sultana'.

Menurut Charlotte Thaarup, konsultan klinis Australia dan direktur The Mindfulness Clinic, melakukan satu latihan dengan sultana adalah yang perlu kita lakukan untuk membuat kita makan dengan sadar.

Selain Gak Bikin Lemes saat Puasa, Gerakan Olahraga Ini Dijamin Bikin Kurus

Langkah-langkahnya adalah:

1. Lakukan 'sultana' dan luangkan lima menit untuk mengaktifkan lima indera Anda dengan latihan ini.
2. Perhatikan makanan Anda, kenali tektur dan warnanya.
3. Rasakan dengan tangan Anda.
4. Hirup aromanya
5. Rasakan rasanya, putar dengan lidah Anda dan kenali bagaimana makanan itu di antara kunyahan Anda.

Thaarup menjelaskan, latihan sultana ini dapat membantu Anda makan dengan lebih baik dan mencegah makan berlebihan.

Mindful eating juga telah lama didengungkan sebagai cara untuk membantu orang-oramg membangun kembali hubungan yang sehat dengan makanan.

"Jika Anda ingin menurunkan berat badan, berdamailah dengan tubuh Anda, ubah hubungan Anda dengan makanan, atau kurangi stres harian Anda dengan memilih makanan yang lebih sehat," kata Thaarup.

Selain latihan sultana, ada beberapa langkah lain yang perlu dilakukan untuk melengkapi mindful eating Anda.

- Letakkan alat makan Anda ketika mulut penuh.
- Sadari proses berpikir Anda saat mengunyah makanan.
- Buat waktu makan Anda berkesan dengan menata meja makan dengan apik.
- Makanlah secara perlahan.
- Duduklah di tempat makan bukan di depan televisi.
- Buatlah diary makan.

Namun, bagi sebagian orang melakukan mindful eating bisa menjadi hal sulit saat makan bersama orang lain. Sulit untuk memperhatikan apa yang dikatakan teman Anda di tengah Anda juga fokus pada makanan yang Anda kunyah.

Tapi, jika Anda bisa mengaturnya, mindful eating bisa menjadi cara termudah, tidak hanya mencegah makan berlebihan, tapi juga mendapat kenikmatan dari santapan Anda.

Satu penelitian, misalnya, menemukan bahwa orang yang makan cokelat secara sadar memiliki mood yang lebih baik dibandingkan yang tidak peduli dengan apa yang dimakannya.

Jadi, sudah saatnya Anda mulai mempraktikkan sultana dan mindful eating untuk mendapatkan kesehatan, kebahagiaan dan harmoni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya