Jenis Makanan Ini Mampu Percepat Kesembuhan saat Radang

Bawang putih.
Sumber :
  • Pixabay/postchiangmai0

VIVA.co.id – Tubuh membutuhkan sumber protein untuk memberikan pertumbuhan otot yang baik. Untuk itu, beberapa bahan makanan yang dikonsumsi, dapat menjadi sumber protein alami bagi tubuh.

Ketahui Cara Tepat Menggunakan Kompres Hangat dan Dingin

Membangun protein pada tubuh diperlukan asupan makanan yang tepat. Beberapa jenis makanan, dapat membantu menggantikan sumber protein tubuh yang hilang akibat cedera.

"Setelah adanya cedera, beberapa makanan bisa membantu proses penyembuhan. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan mudah didapat yaitu alpukat, bisa dijus atau makan langsung," ujar ahli gizi, Mirza Hapsari S.Gz, RD, MPH, dalam peluncuran program Sayangi Sendi, di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis 2 Maret 2017.

Cara Tepat Hindari Polusi Udara Penyebab Penyakit Jantung

Selain alpukat, disarankan juga konsumsi minyak zaitun dan minyak ikan dari sumber hewan laut lain atau tertentu seperti salmon dan sarden. Kemudian, biji-bijian dan kacang-kacangan juga sangat penting untuk kembali membentuk protein yang dibutuhkan tubuh.

Mirza menambahkan, jenis minuman yang mengandung elektrolit dan cairan tubuh, dapat kembali membentuk energi yang dibutuhkan, usai mengalami cedera. Bahkan, bumbu rempah-rempah mampu memberikan penanganan tepat pada cedera.

Ternyata Batu Kristal Juga Bisa Bikin Cantik

"Kunyit, garlic (bawang putih) dan nanas mengandung bahan yang baik untuk menangani peradangan. Beberapa makanan yang mengandung antioksidan, juga akan membantu percepat proses kesembuhan cedera," kata dia.

Namun, yang tidak kalah penting, agar individu tidak melupakan makanan yang harus dihindari pasca cedera. Beberapa makanan seperti makanan cepat saji, mengandung lemak tinggi yang tidak tepat dalam proses kesembuhan tubuh.

"Daging olahan dan fast food itu mengandung lemak tinggi. Permen dan cokelat juga memberikan kadar gula tinggi sehingga dapat membuat efek peradangan makin parah."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya