Studi: Jahe Mampu Tingkatkan Fungsi Kognitif Otak

Jahe.
Sumber :
  • Pixabay/PDPics

VIVA.co.id – Jahe sebagai bahan makanan dan juga minuman seringkali dihindari karena rasanya yang sedikit pedas. Hal ini mungkin kurang digemari sebagian orang.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Tapi sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa ternyata jahe dapat membantu meningkatkan memori dan fungsi kognitif otak.

Studi yang telah dipublikasikan di dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tersebut menganalisis 60 orang sehat, yang merupakan wanita paruh baya yang diberi dosis harian ekstrak jahe (baik 400 atau 800 miligram) selama dua bulan.

5 Manfaat Rahasia Jahe untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Para peneliti lantas melakukan tes untuk mengukur aspek yang berbeda dari memori dan fungsi kognitif. Mereka menemukan bahwa asupan jahe setiap hari, terutama pada jumlah yang lebih tinggi, membawa perbaikan dalam memori dan kerja otak.

"Ada perbaikan yang signifikan dalam empat fungsi utama otak, kekuata, akurasi, kecepatan mengakses memori dan kualitas memori," tulis peneliti dalam laporannya, dikutip dari pwrnewmedia.com.

Musim Hujan Bikin Gampang Sakit, Ramuan Herbal Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Peneliti menyimpulkan, ekstrak jahe meningkatkan perhatian dan kemampuan pengolahan kognitif yang sehat, khususnya untuk wanita paruh baya, dan tidak memiliki efek samping.

Meskipun dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memahami mekanisme di balik efek ini, para peneliti tetap menyarankan untuk mengonsumsi jahe sehari-hari untuk meningkatkan fungsi kognitif otak.

Ilustrasi air lemon.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Lemon kaya serat, antioksidan dan vitamin C. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dalam lemon juga dapat membantu tubuh membakar lemak secara alami. 

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024