Mengulik Manfaat Konsumsi Kafein di Pagi Hari

Menyeduh kopi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

VIVA.co.id – Mengonsumsi kopi di pagi hari selama ini dipercaya mampu meningkatkan semangat dan mengurangi kantuk saat menjalani aktivitas sehari-hari. Ternyata, kafein yang terkandung di dalam kopi punya manfaat lebih dari itu.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Kafein adalah salah satu dari 24 senyawa yang membantu melindungi terhadap penyakit Alzheimer. Bahan kimia ini membantu meningkatkan enzim kunci dalam otak, dan bisa membuka jalan bagi obat baru untuk memerangi kondisi tersebut.

Profesor Hui-Chen Lu dari Indiana University mengatakan bahwa hal ini bisa membantu upaya sebelumnya, untuk mengembangkan obat yang meningkatkan kadar enzim di otak.

Microsleep Intai Pemudik Bisa Sebabkan Kefatalan, Apa yang Perlu Dilakukan?

"Ini bisa membuat penghalang kimia terhadap efek melemahkan gangguan neurodegenerative," kata dia seperti dilansir dari The Sun.

Enzim yang dikenal dengan nama  ilmiah NMNAT2 ini memainkan dua peran dalam otak. Enzim ini untuk melindungi dan menjaga neuron dari stres. Enzim ini juga bertindak untuk melawan protein yang disebut tau, yang terbangun di otak sebagai plak-plak, salah satu tanda-tanda umum Alzheimer.

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi di Bulan Ramadhan, Saat Berbuka Puasa atau Sahur?

Prof Lu dan timnya menyaring lebih dari 1.200 senyawa, termasuk obat yang ada, sebagai bagian dari penelitian mereka. Sebanyak 24 senyawa ditemukan untuk meningkatkan produksi NMNAT2, yang merupakan enzim kunci.

Salah satunya adalah kafein, yang juga telah terbukti untuk meningkatkan fungsi memori pada tikus dengan tingkat tinggi yang memicu tau protein Alzheimer.

Untuk mengonfirmasi hubungan ini, para peneliti memberi kafein untuk tikus, dimodifikasi untuk menghasilkan tingkat rendah enzim. Hasil penelitian ini menunjukkan kafein mampu memacu produksi enzim penghilang demensia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya