Bawa Bekal Makanan, Bantu Aatur Pola Makan Sehat

Ilustrasi bekal makanan.
Sumber :
  • Pixabay/jelly

VIVA.co.id – Menjaga pola makan dengan asupan makanan sehat memang sulit dilakukan. Apalagi, jika banyak godaan makanan menggiurkan sepanjang kita beraktivitas.

Langkah Memulai Hidup Sehat, Hindari 6 Makanan Putih Ini

Salah satu menjaga asupan makanan sehat setiap hai adalah dengan membawa bekal makanan yang dimasak sendiri di rumah. Tidak hanya menjaga pola asupan, membawa bekal makanan sendiri dari rumah dapat menjaga kebersihan, sekaligus mengatur porsi makanan sesuai kebutuhan.

Menurut Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 2014, komposisi makanan seimbang untuk hidup sehat adalah makanan yang beraneka ragam terdiri dari makanan pokok, lauk pauk sumber protein, sayuran, buah-buahan dan air.

Kampanye Ajak Masyarakat Indonesia Lebih Sehat Lewat Diskusi Diet Hingga Olahraga

Di Indonesia, beras merupakan sumber karbohidrat utama dengan jumlah konsumsi sebesar 114 kilogram per tahun per kapita.

Sebagai tambahan, daging, kacang-kacangan dan kedelai merupakan sumber protein yang baik. Buah-buahan dan sayuran memberikan sumber vitamin dan serat penting yang dapat membantu pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

Ayu Ting Ting Bikin Bekal Anak Sayur Toge, Banjir Pujian Netizen

Seluruh manfaat tersebut dapat tercapai dengan mempersiapkan makanan dari rumah.

“Kunci untuk memulai konsumsi makanan sehat yang pertama adalah pemahaman tentang kualitas makanan lebih penting dari kuantitas,” kata Jansen Ongko, Ahli Nutrisi Lagizi Indonesia, seperti dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Senin 13 Maret 2017.

Dia mengatakan, untuk mengetahui apa yang diperlukan oleh tubuh, sesuaikan dengan pola makan sehingga dapat menerapkan gaya hidup sehat secara efektif. Karbohidrat yang baik dapat memberikan energi yang diperlukan untuk beraktivitas sehari-hari.

"Protein dan serat membantu pertumbuhan otot dan pencernaan. Selain itu, meningkatkan konsumsi buah dan sayur yang berwarna-warni sangat dianjurkan karena banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh," kata dia

Cara mengolah makanan juga dapat memengaruhi nutrisi dan kualitas makanan. Dengan bekal, menurutnya, pengetahuan tentang nutrisi yang baik dan didukung dengan solusi dan peralatan yang tepat, setiap keluarga di Indonesia dapat menjalani hidup yang lebih sehat dengan membuat makanan atau menyusun menu sehari-hari untuk keluarga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya