Tujuh Bekal Orang Tua agar Anak Terhindar dari Paedofil

Ilustrasi orangtua dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Indonesia dikejutkan setelah aparat Subdit Cybercrime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya membongkar sebuah akun media sosial yang memiliki konten pornografi anak atau paedofilia.

Marak Anak di Bawah Umur Main Roleplay, Ini Pesan dan Saran Psikiater untuk Orang Tua

Kasus ini terbongkar pada 14 Maret 2017 lalu berdasarkan informasi masyarakat dan kegiatan patroli siber. Grup di media sosial Facebook itu menyajikan foto-foto anak di bawah umur, dan memiliki anggota sampai 7497 orang.

Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran orang tua, meski para pelaku sudah ditangkap. Para orang tua diminta untuk lebih memperhatikan buah hatinya agar tidak terbuai janji manis para pelaku paedofilia tersebut.

IS Pengasuh Panti Asuhan di Ketapang Divonis Hukuman Mati Kasus Pedofil

"Kadang-kadang kita abai dan lupa kepada anak yang perlu perhatian. Di banyak tempat, terungkap (kalangan) menengah ke bawah tapi ada juga kalangan menengah ke atas," ujar Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi, beberapa waktu lalu.

Selain perhatian khusus, menurut psikolog Elly Risman, orang tua juga harus memperhatikan tujuh hal lain agar anak terhindar dari bahaya paedofilia.

Pedofil Gunakan VR untuk Melecehkan Anak-anak

(ase)

Saipul Jamil dan Dewi Perssik

Saipul Jamil Laporkan Dewi Perssik Terkait Dugaan Pencemaran Nama Baik

Dewi Perssik sempat menyinggung soal pedofil pada mantan suaminya, hingga menyebut bahwa hukuman yang dijalani Saipul Jamil di tahun 2016 lalu, tak cukup membuatnya jera.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2023