Bahaya Minum Kopi dan Teh Setelah Makan

Kopi dan teh.
Sumber :
  • Pixabay/ Line-tOodLinGfc

VIVA.co.id – Minuman berkafein sering menjadi pilihan untuk dikonsumsi bersamaan dengan menu sarapan. Namun tahukah Anda, bahaya kafein saat dikonsumsi bersamaan dengan makanan, dapat memicu terjadinya anemia.

Ini Dia Pengaruh Kopi dan Teh Bagi Penderita GERD

Menurut Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), Prof. Dr. Endang L. Achadi, anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan hemoglobin. Biasanya, kondisi tersebut dipicu oleh menurunnya zat besi di peredaran darah yang disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya konsumsi kafein.

"Konsumsi minuman berkafein seperti teh atau kopi yang dikonsumsi bersamaan saat makan, akan menurunkan penyerapan zat besi makanan tersebut. Jadi sebaiknya hindari ngopi sambil makan," ujar Prof. Endang, dalam acara Indonesia Bebas Anemia, di kawasan Dharmawangsa, Jakarta, Rabu 29 Maret 2017

Waspada, Bahaya Mengintai saat Minum Kopi dan Teh di Kantor

Menurutnya, kesalahan yang sering memicu menurunnya zat besi dalam tubuh yaitu dengan konsumsi kafein dan makanan secara bersamaan. Di mana, konsumsi kafein harus dilakukan secara terpisah dengan makanan.

"Minum kafein berlebihan dan dikonsumsi bersamaan itu menghambat penyerapan zat besi. Usahakan untuk konsumsi kafein secara terpisah dengan jeda minimal dua jam setelah dan sebelum makan," ujarnya menambahkan.

Bahaya Minum Teh dan Kopi Berlebih di Bulan Puasa

Endang menjelaskan, cara lain untuk menggantikan kopi atau teh yaitu dengan jus buah. Sebab, konsumsi jus buah bersamaan dengan makanan, membuat penyerapan zat besi lebih maksimal.

"Jus buah meningkatkan penyerapan zat besi. Jadi harusnya makan jus buah berdampingan saat sarapan, seperti jus jeruk." (mus)

Kopi dan teh.

Kopi Hitam Vs Teh, Mana yang Paling Baik untuk Kesehatan?

Keduanya mengandung kafein, tapi kadarnya berbeda.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2018