Seperti Berlari, Berendam Air Panas Juga Bisa Bakar Kalori

Ilustrasi Berendam di Kolam
Sumber :
  • REUTERS/Stefanie Loos

VIVA.co.id – Saat ini, semakin banyak cara untuk membakar kalori di tubuh dengan beragam jenis olahraga. Namun, siapa sangka, berendam di air panas juga bisa membakar kalori.

5 Olahraga Ini Bisa Turunkan Berat Badan dengan Instan

Para peneliti baru-baru ini menemukan, berendam di air panas, dapat membakar kalori sama halnya dengan olahraga lari. Studi tersebut dipimpin oleh ahli fisiologis Steve Faulkner, yang menguji kaitan antara berendam di air panas dengan gula darah dan pembakar kalori.

Dilansir dari laman Glamour, penelitian tersebut melibatkan 14 partisipan laki-laki yang diminta berendam di air panas dalam waktu satu jam. Hasil yang terlihat setelah satu jam berendam, terdapat 140 kalori terbakar dan penurunan gula darah sebesar 10 persen.

Morning Sex Paling Cocok Pakai Gaya Ini, Bisa Bakar Kalori Hingga Tingkatkan Imunitas Lho

"Thermoregulasi tubuh meningkat saat berendam di air panas, karena untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. Sehingga, pembuluh darah melebar dan sirkulasi meningkat menyebabkan lima kalori terbakar per liter oksigen yang dihirup," ujar peneliti.

Meski hasilnya sangat menggembirakan, tapi para ahli tidak menyarankan hal tersebut. Sebab, untuk mendapatkan hasil serupa dibutuhkan waktu berendam selama satu jam. Jauh berbeda jika dibandingkan dengan olahraga lari yang dapat membakar 100 kalori hanya dalam kurun waktu 10 menit saja.

Bulan Puasa dan Lebaran Usai, Ini Tips Bugar Ala Citra Kirana 

Para peneliti menuturkan, berolahraga dapat menyehatkan tubuh lebih cepat dibandingkan berendam di air panas. Terlebih, pada dasarnya, memang semua aktivitas akan membakar kalori, bahkan hanya berdiri dalam beberapa jam saja.

Selain itu, berolahraga tak hanya untuk membugarkan otot-otot di tubuh, tetapi juga meningkatkan sistem kerja pernapasan dan jantung. (asp)

Karaoke jadi tren diet menurunkan berat badan di China.

Lagi Ngetren Nih, Karaoke Bisa Turunkan Berat Badan

Siapa sangka, ternyata karaoke tidak hanya menjadi hiburan, tapi juga tren baru untuk diet menurunkan berat badan di China. Gen Z di sana sedang banyak melakukannya.

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2024