Minuman Soda Bisa Picu Gigi Sensitif

Ilustrasi whitening gigi, gigi, perawatan gigi dan mulut.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Gigi sensitif atau terasa ngilu ketika minum atau makan dingin menjadi masalah gigi yang paling banyak dialami orang. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh produsen pasta gigi yang dilakukan di empat kota besar Indonesia, 65 persen penderita gigi sensitif mengaku pemicu terbesar gigi sensitif mereka adalah minuman atau makanan dingin.

Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Gigi Sensitif

Selain minuman dingin, minuman berkarbonasi atau bersoda juga bisa menjadi pemicu utama timbulnya gigi sensitif. Spesialis konsultan konservasi gigi, drg. Diatri Nari Ratih, M.Kes, Sp.GK(K), menjelaskan, dalam minuman soda terdapat asam karbonat dan gula. Kombinasi keduanya bisa mengikis email atau menyebabkan erosi gigi.

Hal inilah yang membuat email menghilang sehingga dentin atau lapisan luar gigi terbuka. Kondisi ini membuat gigi pun menjadi sensitif.

Ternyata, Menyikat Gigi Setelah Makan Berbahaya

"Ada teori yang menjelaskan kenapa dingin bisa memicu gigi sensitif. Di dalam gigi ada yang disebut tubulus, yaitu cairan yang ada dalam dentin yang mengisi lubang-lubang sangat kecil yang jumlahnya 30.000 lubang per milimeter," urai Diatri saat temu media di acara Pepsodent Sensitive Expert Serum Intense Repair 5 di Veranda Hotel, Jakarta, Selasa 4 April 2017.

Dengan meminum minuman dingin atau asam, maka akan menyebabkan gerakan cairan lebih dari biasanya sehingga memicu saraf gigi, sehingga timbul rasa ngilu. (ren)

Kebiasaan Gigit Pulpen Bisa jadi Pemicu Gigi Ngilu
ilustrasi gigi.

Sakit Maag Ternyata Juga Bisa Picu Gigi Sensitif

Gas lambung naik bisa merusak lapisan gigi.

img_title
VIVA.co.id
26 November 2019