Ilmuwan Ciptakan Vaksin Cegah Jerawat

Ilustrasi kulit bermasalah
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA.co.id –Siapapun pasti setuju kalau jerawat merupakan masalah kulit yang menjengkelkan. Kemunculan jerawat juga bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Kenali Jenis Jerawatmu dan Cara Mengatasinya

Dilansir laman Metro.co.uk, menurut British Skin Foundation, 80 persen dari kita pasti pernah mengalami jerawat pada titik tertentu antara usia 11-30 tahun.

Jadi, jerawat sudah menjadi masalah kulit yang umum dihadapi orang. Karena itulah, hal ini mendorong sejumlah ilmuwan di University of California San Diego untuk menciptakan vaksin yang dapat melawan racun yang menyebabkan jerawat.

Musnahkan Jerawat dengan Masker Rumput Laut dan Ampas Teh

“Jerawat, sebagian disebabkan oleh bakteri P.acnes yang ada dalam tubuh Anda seumur hidup, dan kami tidak bisa menciptakan vaksin untuk bakteri itu karena, dalam beberapa hal, P.acnes baik bagi Anda," jelas Eric C. Huange, peneliti utama proyek studi ini.

Meski demikian, Huange melanjutkan, para ilmuwan telah menemukan sebuah antibodi terhadap protein racun yang disekresikan oleh P.acnes ke kulit. Protein tersebut berkaitan dengan peradangan yang memicu jerawat.

5 Tips Mengatasi Jerawat di Bokong

Jadi artinya, suntikan vaksin tersebut bisa menghadang efek penyebab jerawat dari bakteri tersebut tanpa membunuh secara keseluruhan. Sejauh ini, vaksin tersebut dapat bekerja pada biopsi kulit yang telah dikumpulkan oleh para peneliti dari pasien yang berjerawat.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah melakukan uji klinis pada manusia, yang rencananya akan dilakukan dalam beberapa tahun ke depan.

Ilustrasi jerawat