Punya Hewan Peliharaan Bisa Turunkan Risiko Obesitas Anak

Ilustrasi hewan peliharaan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Memiliki hewan peliharaan di rumah ternyata dapat menurunkan risiko alergi dan obesitas pada anak. Sebuah studi terbaru menunjukkan, bayi dari keluarga dengan hewan peliharaan, seperti anjing mampu meningkatkan dua jenis mikroba yang berhubungan dengan berkurangnya risiko dari penyakit alergi dan obesitas.

Sherina Munaf Ingatkan Jangan Pelihara Kucing Hanya untuk Gaya-gayaan

“Banyaknya dua bakteri ini meningkat dua kali lipat bila ada hewan peliharaan di rumah,” kata salah satu penulis studi, Anita Kozyrskyj, dari University of Alberta di Kanada, dikutip dari laman Indian Express.

Kozyrskyj dan timnya menguji sampel kotoran yang dikumpulkan dari bayi yang terdaftar pada studi Canadian Healthy Infant Longitudinal Development selama dua dekade.

5 Bahasa Kucing yang Harus Dipahami Pemiliknya

Peneliti lantas menemukan bahwa paparan hewan peliharaan di dalam rahim atau sampai tiga bulan setelah melahirkan meningkatkan dua bakteri, Ruminococcus dan Oscillospira, yang telah dikaitkan dengam berkurangnya risiko alergi dan obesitas pada anak-anak.

Paparan hewan peliharaan terbukti memengaruhi mikrobiome usus tidak langsung, dari anjing ke ibu dan ke bayi yang belum lahir, selama kehamilan, serta selama tiga bulan pertama kehidupan bayi.

30 Tahun Dipelihara Ilegal, Buaya Besar Diringkus Petugas untuk Hal Ini

Dengan kata lain, bahkan jika anjing telah diadopsi sebelum wanita itu melahirkan, pertukaran mikrobiome yang sehat bisa tetap berlangsung.

Viral kucing ditaruh di atap Mobil

Viral Pemudik Taruh Kucing di Atap Mobil, Netizen: Kendaraan Elit Kandang Sulit

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @Rumahsinggahclow pada Selasa, 9 April 2024 menunjukkan mobil Toyota Rush menaruh seekor kucing di atap mobil saat mudik.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024