Jenis Makan Ini Mampu Jaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi daging ikan salmon
Sumber :
  • Pixabay/cattalin

VIVA.co.id – Vitamin D sangat dibutuhkan tubuh guna menjaga kesehatan tulang. Meski begitu, banyak individu yang kekurangan asupan vitamin D sehingga kesehatan tulangnya sulit dipertahankan.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Salah satu sumber vitamin D yaitu sinar matahari pagi. Namun, banyaknya aktivitas di dalam ruangan, membuat tubuh tidak mendapatkan asupan vitamin D tersebut.

Dilansir dari laman Medical Daily, vitamin D dari sinar matahari selama 10-15 menit, mampu meningkatkan kesehatan tulang dan sistem imun tubuh. Vitamin D juga bisa didapatkan dalam bentuk suplemen, namun tidak sebaik sinar matahari.

7 Buah Kering Kaya Vitamin D, Cocok Buat Stok Camilan Sehat di Rumah

Tapi, tidak perlu khawatir, karena asupan makanan tertentu ternyata kaya akan kandungan vitamin D. Salah satunya yaitu susu sapi. Di mana dalam segelas susu, mengandung 100 IU vitamin D di dalamnya.

Ikan-ikanan juga mampu memberikan asupan vitamin D yakni ikan salmon dan tuna. Dari empat ons potongan tuna, sejajar dengan 150 IU vitamin D. Sedangkan, tiga ons potongan salmon, terdapat 450 IU vitamin D.

COVID-19 Naik Lagi, Yuk Jaga Imunitas dengan Vitamin D

Selain itu, telur juga memberikan asupan vitamin D yang dibutuhkan. Satu butir kuning telur, sama dengan 40 IU vitamin D. Jenis jamur yang tumbuh dengan paparan sinar matahari, jika dikonsumsi sebanyak lima ons, sama saja mendapatkan asupan 400 IU vitamin D.

Disarankan oleh para ahli, kombinasi makanan mengandung vitamin D, sinar matahari serta suplemen tambahan, yang dikonsumsi rutin, memberikan pertahanan tubuh yang lebih baik. Terlebih, gaya hidup yang aktif di luar ruangan, memberikan imunitas lebih baik pula.

Bahan bahan untuk membuat kaldu

Zaidul Akbar Bocorkan Resep Kaldu Ajaib dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Simak resep untuk membuat kaldu ajaib Ala dokter Zaidul Akbar berikut ini! Apa saja manfaatnya?

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024