Berkumur Minyak Zaitun Efektif Putihkan Gigi, Benarkah?

Minyak zaitun.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Oil pulling sudah lama dikenal sebagai cara menjaga higienitas mulut dan banyak lagi manfaat sehat lainnya. Bagi Anda yang belum familiar dengan istilah ini, oil pulling merupakan praktik berkumur dengan minyak begitu Anda bangun tidur.

Apakah Berkumur saat Wudhu Tidak Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Para Ulama

Cara ini dilakukan selama lima menit atau paling lama 20 menit untuk membersihkan mulut Anda. Berbagai jenis minyak bisa digunakan untuk oil pulling seperti minyak zaitun, kelapa, atau wijen. Tapi, yang paling baik adalah menggunakan minyak kelapa.

Perlu dicatat bahwa saat melakukan teknik ini, jangan sampai Anda menelan minyaknya walaupun hanya sedikit. Karena, jika Anda menelannya berarti Anda menelan kembali racun yang sedang Anda bersihkan. Setelah melakukan cara ini, Anda bisa melanjutkan dengan sikat gigi seperti biasa.

Hukum Sikat Gigi saat Puasa, Jusuf Kalla Larang Masjid Jadi Tempat Kampanye Politik

Dilansir laman Times of India, sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa oil pulling memiliki banyak manfaat seperti melawan radang gusi, plak, dan bau mulut. Mikroorganisme yang tinggal di dalam mulut pada pagi hari setelah tidur biasanya merupakan mikroorganisme satu sel.

Mikroorganisme ini terlapisi oleh lipid atau membran lemak. Ketika terkena minyak, mikroorganisme ini akan menempel pada minyak dan mudah dibersihkan. Manfaat oil pulling antara lain adalah sebagai berikut.

Bolehkan Berkumur dan Sikat Gigi saat Puasa? Ini Hukumnya dalam Islam

Memutihkan gigi
Karena, minyak memiliki kandungan antibakteri alami yang bisa membantu memutihkan dan membersihkan gigi. Oil pulling jauh lebih baik dibandingkan menggunakan krim pemutih gigi kimia.

Detoksifikasi tubuh
Salah satu pintu masuk bagi kuman ke dalam tubuh adalah melalui mulut. Namun, jika Anda menjaganya tetap bersih dan membersihkannya setiap pagi, tubuh Anda pun juga terjaga kebersihannya. Oil pulling dapat menghilangkan racun sebelum masuk ke dalam tubuh, dan karena itu dapat menghindarkan terjadinya infeksi karena racun.

Higienitas gigi lebih baik
Oil pulling sangat efektif dalam membasmi terjadinya gigi berlubang. Minyak dapat menghilangkan bakteri Strepcoccus mutant yang bertanggung jawab atas terjadinya pengeroposan gigi. Oil pulling juga dapat melindungi gigi dari plak yang memicu radang gusi.

Mengurangi bau mulut
Oil pulling dapat mengatasi masalah bau mulut Anda. Karena, oil pulling dapat mengusir bakteri yang menyebabkan bau di mulut.

Perlu diingat bahwa oil pulling bukan untuk menggantikan menyikat gigi karena sifatnya hanya sebagai terapi suplemental. Penting pula untuk mengambil minyak dalam jumlah yang pas. Jika kurang, tidak akan memberikan efek banyak. Jika berlebihan, akan mengalir keluar mulut. Cukup ambil sebanyak satu sendok makan saja.

Kemudian, mulailah berkumur selama lima menit dan perlahan tingkatkan hingga mencapai 20 menit sehari. Jika Anda memaksakan di hari pertama saja, ini hanya akan menyebabkan rahang Anda sakit. Jika Anda merasa minyak akan tertelan, kurangilah jumlahnya dari mulut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya