Bersepeda ke Kantor Tekan Risiko Meninggal di Usia Muda

Ilustrasi bersepeda.
Sumber :
  • Pixabay/ Unsplash

VIVA.co.id – Sebuah penelitian menemukan bahwa bersepeda ke tempat kerja bisa mengurangi nyaris setengah dari risiko terkena penyakit jantung dan kanker.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

Risiko mematikan itu berkurang pada mereka yang rajin mengayuh pedal pada perjalanan pergi dan pulang bekerja karena mereka cenderung lebih bugar. Selain itu, berjalan kaki ke tempat bekerja juga bisa melindungi tubuh dari kedua penyakit itu, tapi para ilmuwan mengatakan, manfaatnya tidak sebesar bersepeda.

Dilansir laman The Sun, para peneliti menganalisis 264.337 orang selama lebih dari lima tahun dengan usia rata-rata 52 tahun pada saat awal penelitian. Mereka menemukan bahwa bersepeda dapat memangkas risiko kanker hingga 45 persen dan penyakit kardiovaskular hingga 46 persen.

Keluarga Kenang Sosok Donny Kesuma, Ingin Semua Anaknya Sukses

Secara keseluruhan, pengguna sepeda memiliki risiko 41 persen lebih rendah meninggal di usia muda dibandingkan mereka yang menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Tapi, para peneliti menambahkan, bersepeda separuh perjalanan sebelum menyambung kereta atau bus juga bisa memberikan manfaat sehat.

Sementara itu, pejalan kaki memiliki risiko 36 persen lebih rendah meninggal karena penyakit kardiovaskular, jika mereka berjalan kaki setidaknya dua jam seminggu dengan kecepatan rata-rata 3 meter per jam. Risiko mereka menderita kanker atau kematian dini juga akan menurun.

Beberapa Masalah yang Bisa Muncul Setelah Pasang Ring Jantung
Ilustrasi beraktivitas di bulan puasa

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Olahraga saat puasa dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan stamina, menjaga kesehatan tubuh dan membantu mengontrol berat badan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024