Ketahui Khasiat Taurin dalam Minuman Energi

Ilustrasi minuman energi.
Sumber :

VIVA.co.id – Sering merasa lelah menjadi hal yang sering dialami orang dengan aktivitas tinggi. Untuk mengembalikan tubuh yang prima dibutuhkan asupan dan istirahat cukup.

Dianggap Bermanfaat, Konsumsi Minuman Ini Ternyata Bikin Ginjal Sakit Parah

Terlepas dari itu, minuman berenergi kerap menjadi pilihan. Itu lantaran dalam minuman tersebut mengandung taurin, yang dapat meningkatkan energi.

Menurut Sunarti dari Komite Profesi Kesehatan Lain Rumah Sakit Islam Cempaka Putih yang juga seorang nutrisionis, taurin merupakan asam amino kondisional yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh manusia dewasa. Asam amino terbagi dalam dua kelompok besar, yaitu asam amino esensial (asam amino yang tidak bisa disintesa oleh tubuh) dan asam amino non esensial (asam amino yang dapat disintesa oleh tubuh).

Hati-hati, Minuman Ini Picu Serangan Jantung Mendadak

"Perlu diketahui, taurin merupakan senyawa asam amino kondisional yang diproduksi oleh tubuh dan sebagian besar ditemukan dalam jantung dan otak. Senyawa taurin dalam minuman berenergi dapat menghidupkan kembali stamina yang hilang," ujar Sunarti dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Kamis, 27 April 2017.

Dia menuturkan bahwa bagi manusia, taurin juga berperan penting untuk mencerna lemak, menyerap vitamin yang larut dalam lemak dan mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, taurin bersama zinc juga dapat menjaga kesehatan mata.

Incar Segmen Milenial, Kratingdaeng Luncurkan Varian Baru

Sementara itu, dalam minuman berenergi, taurin juga sangat berperan penting dalam membantu meningkatkan glukosa atau gula tapi tidak menggemukkan. Taurin umumnya dapat ditemukan pada tumbuhan, jamur, daging, ikan, telur, susu murni dan air susu ibu.

"Penting bagi Anda mendapatkan asupan taurin yang cukup. Sebab taurin dapat menggantikan energi tubuh yang hilang setelah beraktivitas sekaligus mengatur kadar kolesterol pada tubuh," kata Sunarti. (ren)

Minuman berenergi.

Sering Minum Energi Drink? Awas, Gagal Ginjal Mengintai!

Tak jarang mereka yang terjaga di malam hari, memilih untuk mengkonsumsi energi drink atau minuman berenergi agar tetap segar sepanjang malam.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024