Fakta Mengejutkan Minuman Energi, Anda Harus Tahu

Minuman kaleng isotonik atau energi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Penelitian terbaru menemukan bahwa kandungan di dalam minuman berenergi berdampak buruk pada tubuh. Dibandingkan kafein, minuman berenergi tersebut membuat tubuh berada dalam kondisi lebih tertekan.

7 Hal Sederhana Namun Sering Diabaikan untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat

Studi terbaru menemukan bahwa minuman berenergi membuat tekanan pada aktivitas listrik jantung dan tekanan darah. Hasil tersebut didapatkan pada 18 partisipan yang mengonsumsi minuman berenergi dan kafein.

Dilansir dari laman Medical Daily, aktivitas jantung langsung terlihat usai satu, dua, empat, enam dan 24 jam setelah konsumsi minuman berenergi. Detak jantung tersebut dibandingkan dengan kelompok yang diminta mengonsumsi kafein.

Menjaga Kesehatan Jantung: Kunci untuk Hidup yang Lebih Panjang dan Lebih Sehat

"Jarak dalam konsumsi minuman berenergi ini, menyebabkan detak jantung menjadi tidak normal. Hasilnya, akan berdampak pada aritmia," ujar peneliti Emily Fletcher.

Pada mereka yang konsumsi kafein dan minuman berenergi, sama-sama berdampak pada tekanan darah tinggi. Namun, peminum kafein, usai enam jam mengonsumsi, kembali memiliki tekanan darah normal.

Dianggap Bermanfaat, Konsumsi Minuman Ini Ternyata Bikin Ginjal Sakit Parah

"Sedangkan peminum minuman berenergi, masih memiliki tekanan darah tinggi meski telah enam jam. Sehingga para peneliti menyimpulkan bahwa kandungan minuman berenergi, lebih banyak menimbulkan tekanan pada jantung dan tekanan darah dibandingkan kafein," ujarnya. (hd)

Minuman berenergi.

Sering Minum Energi Drink? Awas, Gagal Ginjal Mengintai!

Tak jarang mereka yang terjaga di malam hari, memilih untuk mengkonsumsi energi drink atau minuman berenergi agar tetap segar sepanjang malam.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024