Jarak Tepat Memeriksa Kontrasepsi Spiral

Ilustrasi KB Spiral
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Penggunaan alat kontrasepsi jenis spiral, memang bisa dipakai dalam jangka panjang. Tapi, bukan berarti menutup kemungkinan untuk rutin memeriksakannya demi kesehatan organ intim.

Aurel Hermansyah Izin Pakai KB, Atta Halilintar Ragu: Boleh Gak di Agama Islam?

Pemakaian alat kontrasepsi saat ini sudah beragam jenis dan metodenya. Sayang, edukasi mengenai ragam alat kontrasepsi masih terbilang minim.

"Pemakaian alat kontrasepsi moderen masih kurang karena minimnya penyuluhan. Terlebih, penyuluhan pada pasangan usia subur itu biasanya sangat jarang," ujar Dra. Maryana, MM, Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Swasta BKKBN, kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Selain Cegah Hamil, Dokter Sebut Alat Kontrasepsi Ini Kurangi Risiko Kanker Rahim 50 Persen

Menurut Maryana, salah satu yang paling direkomendasikan untuk pasangan usia subur yaitu spiral. Alat kontrasepsi jenis ini dirasa pas dan tepat untuk menunda kehamilan namun tidak merepotkan pasangan suami istri.

"Spiral ini pas untuk pasangan muda karena tidak merepotkan dan bisa dipakai dalam jangka lama. Tapi tentu meski bisa dipakai dalam jangka bertahun, harus dilakukan pemeriksaan rutin," kata dia.

Pakai KB Spiral 8 Tahun? Hati-Hati Dampaknya, Begini Penjelasan dokter Boyke

Pemeriksaan tersebut mencakup melihat posisi alat kontrasepsi tersebut. Selain itu, terdapat jarak ideal dalam mengontrol alat kontrasepsi tersebut.

"Aman menggunakan spiral idealnya harus dikontrol setelah lima sampai sembilan tahun lamanya, tergantung jarak pemakaian juga. Ada yang bisa dipakai seumur hidup, tapi harus diperiksa agar tidak terjadi trans lokasi dari alat kontrasepsi," jelasnya.

Hutan Kota UKI

Ternyata Setiap Malam Ratusan LGBT Datang ke Hutan Kota UKI, Sudah Berlangsung 10 Tahun

Seorang pedagang yang berjualan di sekitar HutanKota UKI Adwen Tanjung mengungkap adanya aktivitas seks menyimpang yang dilakukan kaum LGBT telah berlangsung 10 tahun.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2023