Survei: Orang Indonesia Gemar Berbicara

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA.co.id – Mengobrol, atau bercerita dengan orang lain baik kerabat maupun teman dekat sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Tiada hari tanpa mengobrol, ya setidaknya bergosip ria.

Demi Moore Berbagi Cerita Bruce Willis yang Sedang Berjuang Melawan Demensia

Tahukah Anda bahwa ternyata delapan dari 10 orang Indonesia memang gemar bicara. Hal ini dibuktikan oleh survei yang dilakukan oleh Sariwangi terhadap 531 orang di seluruh Indonesia.

"Angkanya 76 persen, pada saat cerita mereka akan ceritakan apa saja termasuk hal personal pada setiap orang yang ditemui. Frekuensi ceritanya pun hampir setiap hari," papar Ratih Ibrahim, Psikolog Anak dan Keluarga dalam kampanye #BeraniBicara Sariwangi di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa 9 Mei 2017.

Viral Penampakan Wastafel Wudhu Canggih di Masjid Istiqlal, Cukup Diinjak Air Langsung Keluar

Namun, kata Ratih, frekuensi cerita tidak berbanding dengan kualitas isi cerita. Kerap yang diceritakan bukan merupakan isi hati yang sebenarnya.

"Dari hasil survei, dua dari responden mengungkapkan kurangnya keterbukaan dilakukan untuk mengurangi konflik," kata dia.

Masih Gugup Saat Berbicara di Depan Umum? Ini Tipsnya

Padahal, memiliki pembicaraan yang mendalam terutama dalam keluarga misalnya, dapat membangun relasi yang hangat, intim dan dapat mengurangi risiko depresi pada seseorang. (asp)

Menkopolhukam yang juga Cawapres 03 Mahfud MD di kantornya.

Mahfud Ungkap Obrolan dari Hati ke Hati dengan Jokowi

Menko Polhukam Mahfud MD telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis, 1 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2024