Survei: 30 Persen Pria Indonesia Tak Suka Gunakan Kondom

Ilustrasi kondom/alat kontrasepsi.
Sumber :
  • Pixabay/Anqa

VIVA.co.id – Menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsi untuk mengendalikan angka kelahiran rupanya jarang dipilih oleh kebanyakan pasangan.

Terpopuler: Kisah Mualaf Putra Altar, Zaidul Akbar Sebut Tak Perlu Sarapan di Pagi Hari

Alasannya beragam. Salah satunya adalah soal kenyamanan ketika bercinta. Menurut data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun 2012, hanya 4,7 persen pria yang menggunakan alat kontrasepsi, namun yang memilih menggunakan kondom tercatat hanya 2,5 persen.

Sementara itu, menurut data Durex Global Sex Survey, menyebutkan bahwa 30 persen responden enggan menggunakan kondom karena kondom dianggap mengurangi kenikmatan, terasa tebal, tidak alami dan berbau lateks.

Pakai Kondom Dobel Malah Berisiko Bisa Berujung di IGD, Kenapa?

Spesialis Andrologi, dr. Heru H. Oentoeng, Sp.And, mengungkapkan bahwa semua alat kontrasepsi termasuk kondom memang memiliki kelemahan.

"Salah satu kelemahan alat kontrasepsi kondom itu memang (terasa seperti) ada hambatan, jadi tidak terasa natural. Kalau lihat perkembangannya, dulu itu mulai dari kulit kura-kura, cula, sampai teknologi yang modern dengan lateks," jelas dia dalam peluncuran Durex Invisible, di Kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Mei 2017.

Kondom Juga Bisa Bikin Istri Melayang di Atas Ranjang, Begini Cara Stimulasinya

Padahal, menurutnya, kondom menawarkan perlindungan paling aman dari infeksi menular seksual dengan memberikan halangan fisik guna mencegah pertukaran air mani, cairan vagina ataupun darah antara pasangan.

Lebih lanjut Oentoeng menyebutkan bahwa memilih cara kondom juga sangat penting untuk memberikan kenyamanan kedua pasangan.

"Memilih kondom yang tepat sangat penting ukurannya harus pas dan memberikan rasa nyaman. Terlebih lagi, pasangan harus tahu cara menggunakan kondom dengan benar," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya