Kapan Sebaiknya Lakukan Pemutihan Gigi?

ilustrasi gigi.
Sumber :
  • pixabay/pexels

VIVA.co.id – Pemutihan gigi atau bleaching gigi menjadi cara yang cukup populer untuk mendapatkan penampilan maksimal. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum melakukan prosedur ini.

Bleaching Gigi: Solusi bagi Mereka yang Ingin Tampil Lebih Menarik

Kapan waktu yang tepat melakukan bleaching? drg. Andy Wirahadikusumah, Sp.Pros, menjelaskan bleaching bisa dilakukan oleh mereka yang giginya sudah berganti ke gigi permanen. Biasanya aman dilakukan di umur 17 atau 18 tahun.

"Kalau bleaching, kalau giginya permanen bukan gigi susu, sudah boleh," kata dr. Andi kepada VIVA.co.id di Jakarta belum lama ini.

Gigi Putih Pakai Produk Bleaching Amankah?

Selain itu, bleaching tidak boleh dilakukan terlalu sering. Normalnya, prosedur ini dilakukan 3 atau 6 bulan sekali saja. Hal ini tentu sangat perlu diperhatikan bagi Anda yang melakukan pemutihan gigi mandiri dengan alat yang sudah beredar di pasaran.

"Kalau terlalu sering, gigi akan rusak terutama email gigi. Kalau sudah rusak, gigi yang awalnya normal bisa menjadi sensitif akibat bahan kimia pemutih gigi," jelasnya.

Sudah Rajin Dibersihkan, Bau Mulut Tanda Ada Penyakit?

Jika sudah menjalani proses bleaching, Anda harus pandai memilih dan mengatur makanan dan minuman yang Anda konsumsi karena warna putih pada gigi tidak bersifat permanen bahkan yang dari dokter sekalipun.

"Kita memang harus maintain setelah bleaching. Jaga makan dan minum karena bleaching itu tidak permanen, dalam durasi tertentu warna asli gigi akan kembali lagi," sambungnya. 

Ilustrasi bau mulut.

Risih dengan Bau Mulut Tak Sedap saat Puasa? Simak, Ini Cara Cegahnya

Banyak orang mengalami gangguan bau mulut saat berpuasa, hal ini karena kurang memerhatikan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini nantinya bisa buat penampilan jadi berkurang

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2023