Vitamin C Mampu Lawan Virus Flu dan ISPA

Buah kaya vitamin C.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sistem imun berperan penting melindungi tubuh dari serangan penyakit. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun adalah vitamin C.

78 Kali Positif COVID-19, Pria Turki Dikarantina Selama Setahun

Spesialis gizi klinis, dr. Yustina Anie, SpGK mengatakan, vitamin menjadi salah satu zat gizi mikro yang harus terpenuhi kebutuhannya.

“Salah satu yang penting yaitu vitamin C. Sebab, mengandung manfaat (salah satunya) untuk sistem imun," ujar Yustina dalam peresmian Sertifikasi Halal dari LPPOM MUI pada Holisticare Ester C, di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Rahasia Turun-temurun Dapatkan Kulit Cerah dan Glowing

Selain meningkatkan sistem imun, vitamin C juga terbukti mampu melawan infeksi virus dan bakteri.

"Vitamin C baik dalam melawan virus flu dan ISPA. Ia juga bisa mencegah kanker dengan melawan radikal bebas. Asupan vitamin C bisa didapatkan dari makanan alami maupun suplemen," kata dia.

5 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Rekomendasi asupan minimum vitamin C pada pria yaitu 90 mg per hari dan wanita 75 mg per hari. Selain itu, asupan makanannya bisa didapatkan dari buah dan sayur yang terbilang mudah dijangkau.

"Dari buah bisa didapatkan melalui jeruk dan stroberi, itu vitamin C tinggi. Pada sayuran, bisa didapatkan pada brokoli, kol, paprika merah,” tuturnya. 

Sementara itu, suplemen vitamin C, harus dilihat dari kandungannya yang mampu dicerna dengan baik oleh tubuh. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya