Delapan Aktivitas Ini Pantang Dilakukan Setelah Makan

Ilustrasi buah-buahan.
Sumber :

VIVA.co.id – Menjaga apa yang Anda konsumsi memang penting dilakukan. Tapi, bukan hanya apa yang masuk ke dalam mulut saja yang perlu diperhatikan. Apa yang Anda lakukan setelah makan juga harus dijaga.

Tetap Sehat Meski Suka Makan Fast Food, Begini Caranya

Berikut ini daftar aktivitas yang harus Anda hindari setelah makan, seperti dilansir Times of India, ditulis, Senin 22 Mei 2017.

Olahraga
Berolahraga dengan keadaan perut kenyang hanya akan memicu rasa lesu dan ketidaknyamanan di perut.

5 Makanan Lezat Ini Bisa Bikin Vagina Sehat

Ilustrasi tidur memeluk guling.

Tidur
Langsung tidur setelah makan siang atau malam adalah kesalahan yang banyak orang lakukan. Jika Anda melakukan ini, maka bisa memicu asam lambung. Makanlah makan malam Anda sebelum pukul 20.00 dan beri tubuh waktu untuk istirahat untuk mencerna makanan. Hal ini akan menguatkan metabolisme dan selera makan Anda.

Cara Aman Pisahkan Makanan Demi Hindari Keracunan

Minum Air
Air liur kita bisa membantu mencerna makanan dan juga membunuh bakteri jahat di makanan. Dengan langsung minum air setelah makan bisa menghalangi proses ini, jadi minumlah air 30 menit setelah makan.

Makan buah-buahan
Meski dianggap makanan sehat, tapi mengonsumsinya setelah makan besar bukanlah hal yang dianjurkan. Waktu terbaik untuk makan buah adalah saat perut masih kosong. Buah membutuhkan enzim berbeda untuk dicerna. Memakan buah setelah makan bisa membuat buah tidak mudah dicerna dan bisa memicu masalah pencernaan, heartburn, dan masalah lainnya.

ilustrasi berhenti merokok

Merokok
Baik setelah atau sebelum makan, merokok bukan hal yang dianjurkan. Jika Anda merokok begitu selesai makan, efeknya bisa lebih buruk karena rokok mengandung karsinogen yang bisa memicu kanker.

Membaca
Membaca membutuhkan banyak konsentrasi dan aliran darah jadi termobilisasi ke mata. Aliran darah yang baik dibutuhkan agar pencernaan berjalan baik. Tapi jika Anda membaca, sistem pencernaan akan terhambat dan bisa memicu sakit perut.

Mandi
Proses pencernaan kita membutuhkan banyak sekali energi dan aliran darah yang baik ke perut. Mandi setelah makan bisa menghambat proses ini karena dapat menurunkan aliran darah dan suhu tubuh. Tunggu hingga sekitar 45 menit setelah makan, baru kemudian mandi.

Minum teh.

Minum Teh
Asam tanat dalam teh bisa memengaruhi protein dan besi di dalam makanan yang Anda konsumsi. Hal ini bisa mencegah penyerapan nutrisi penting dari makanan yang dibutuhkan tubuh Anda.

Yang disarankan
Berjalan santai setelah makan setidaknya 15 menit untuk membantu pencernaan makanan Anda. Ingat pola dan kebiasaan makan Anda sangat memengaruhi kesehatan seluruh tubuh Anda. (ase)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya