Lima Kesalahan Ini Sering Dilakukan saat Mandi

Ilustrasi keramas atau mandi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Cara sempurna untuk melepas lelah setelah sibuk beraktivitas di bawah terik cuaca yang panas adalah dengan mandi. Aktivitas ini, bisa menimbulkan perasaan menenangkan.

Lima Kebiasaan Mandi yang Membahayakan Kulit

Manfaat mandi sudah banyak diketahui karena mandi bukan sekadar membersihkan tubuh. Manfaat lain dari aktivitas ini, juga mampu mengurangi perasaan pesimis. Mandi juga diyakini membuat tubuh lebih terasa santai menikmati hidup. Sehingga, tidak heran, usai seharian bekerja dan membasuh diri setelahnya, aktivitas mandi memberikan energi berbeda pada tubuh.

Namun, meski bermanfaat, ada kesalahan-kesalahan yang sering kita lakukan saat mandi yang jarang dibicarakan dan tak disadari. Dilansir laman Times of India, Anda pun perlu tahu, beberapa kesalahan umum yang kebanyakan kita lakukan saat mandi.

Prabowo Subianto dan PM Singapura Bahas Kerja Sama Pertahanan

Mandi air panas atau dingin?

Pilihan ini sangat penting untuk kulit Anda. Untuk musim panas, pemandian air dingin (air suhu kamar) harus digunakan. Dan di musim dingin, bukan mandi air panas, gunakan air suam-suam kuku untuk mandi. Berdasarkan ilmu Ayurveda, di musim dingin, kita harus mandi dengan air hangat dan mencoba menggunakan air suhu ruangan untuk mencuci kepala karena air hangat dapat merusak mata dan rambut. Jadi, hindari pemandian air panas karena bisa membuat kulit terlalu kering.

'Tugas' IMEI Diperluas, HP Hilang Tak Perlu Waswas

Sering mengganti sampo

Mengganti pembersih rambut dan kondisioner terlalu sering bisa membuat rambut Anda sakit. Ada beberapa penelitian yang mengganti produk rambut Anda bergantung pada berbagai faktor. Perubahan musim, perubahan dalam diet, usia, penggunaan produk kimia dan perawatan medis adalah beberapa skenario yang mungkin menuntut perubahan pada sampo dan kondisioner Anda. Gunakan pembersih rambut dan kondisioner yang ringan.

Memilih shower gel

Penggunaan shower gel atau body wash yang terlalu banyak harus dihindari. Ini bisa menghilangkan minyak tubuh alami dari tubuh Anda, membuat kulit terasa gatal dan kering. Ini juga bisa memperparah beberapa masalah kulit seperti eksim.

Pengeringan tubuh

Menyeka tubuh Anda dengan kasar dapat menyebabkan kerusakan rambut, tubuh dan bisa membuat kulit rusak. Hindari juga membungkus rambut Anda dengan handuk, karena cara ini bisa membuat rambut Anda rapuh dan bisa menyebabkan rambut rontok.

Terlalu lama di kamar mandi

Mandi untuk durasi yang lebih lama membuat kulit Anda kering. Bisa juga menyebabkan ruam dan gatal. 10 menit adalah waktu optimal yang harus Anda habiskan di kamar mandi. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya