Gejala Awal 5 Jenis Kanker yang Sering Diabaikan

Ilustrasi sel kanker.
Sumber :
  • Pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Semakin cepat suatu penyakit didiagnosis, sebenarnya semakin besar kemungkinan penyakit itu bisa disembuhkan. Dan bila penyakit ini sama fatalnya dengan kanker, mengetahui gejala awal dapat membantu menghilangkan faktor risikonya.

Bukan Lagi Penyakit Orangtua, Penderita Kanker di Usia Muda Meningkat 79 Persen

Tapi, sayangnya, tanda awal dari suatu penyakit, bahkan penyakit kanker sekalipun sering terabaikan. Padahal sesungguhnya, tanda awal ini tidak boleh disepelekan.

Dilansir Times of India, berikut adalah daftar tanda awal dari lima jenis kanker yang sangat umum. Perlu dicatat bahwa gejala ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan mekanisme tubuh kita. Gejala ini, seharusnya dijadikan sinyal, karena tubuh mulai merasa tidak nyaman.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Tanda awal kanker paru-paru

Menurut American Cancer Society, kanker paru-paru tidak menunjukkan gejala apapun sampai menyebar ke bagian tubuh lainnya. Namun, ada beberapa kasus di mana gejala awal dapat terjadi. Gejala-gejala ini meliputi penurunan berat badan yang tiba-tiba, batuk terus-menerus, perubahan suara abnormal atau suara serak, nyeri di dada yang menjadi lebih parah dengan pernapasan dalam, tertawa atau batuk terdengar mengi atau terasa sesak.

Daun Sirsak dan Kulit Manggis Hanya Mitos Obat Kanker, Ini Kata Dokter

Ketika kanker paru-paru mencapai tahap lanjut, hal itu dapat menyebabkan batuk darah dan sesak napas. Juga, rasa sakit pada tulang, perubahan sistem saraf seperti sakit kepala dan merasa sangat lemah, timbul benjolan terutama di leher atau di atas tulang selangka. Itu semua adalah gejala ketika kanker paru mulai menyebar ke bagian tubuh yang lain. Dan jika mencapai hati, kulit atau mata bisa menjadi pucat.

Disarankan untuk menemui dokter jika seseorang mengalami gejala di atas. Diagnosis dini membantu pengobatan yang efektif.

Tanda awal kanker payudara

Gejala yang paling umum dari kanker payudara adalah pembentukan benjolan pada payudara. Juga, massa tanpa rasa sakit dan keras di payudara tepi yang tidak teratur juga bisa berkembang dan merupakan tanda kanker payudara. Penting untuk mengetahui bagaimana bentuk payudara Anda. Jika sakit, atau terlihat gejala yang tak biasa, periksakan diri ke dokter segera.

Beberapa gejala awal kanker payudara lainnya antara lain bengkak di payudara. Namun sering pula gejalanya berupa nyeri pada payudara dan puting susu. Anda pun harus waspada jika terjadi retraksi puting susu (puting susu berputar ke dalam), keluar cairan dari puting susu, kemerahan pada kulit payudara atau puting susu hingga iritasi kulit atau dimpling

Tanda awal kanker kulit

Mitos atipikal, luka, benjolan atau perubahan pada kulit (terlihat dan terasa) bisa jadi beberapa tanda kanker kulit. Simpul keras pada ketiak, iritasi atau ruam pada kulit, yang tidak disebabkan oleh alergi makanan atau kosmetik yang keras, dan pertumbuhan atau perubahan tanda lahir adalah beberapa gejala lain dari kanker kulit.

Terutama, ada tiga jenis kanker kulit: kanker kulit basal-cell (BCC), kanker kulit sel skuamosa (SCC) dan melanoma.

Tanda awal dari kanker kulit ini adalah:

· Kanker kulit sel basal (BCC): Benjolan mukosa yang meningkat dan mulus yang terjadi pada kulit kepala yang terpapar sinar matahari, leher atau bahu merupakan tanda paling umum kanker kulit basal-cell. Saat tumor berkembang, pembuluh darah kecil menjadi terlihat. Terkadang, mereka mungkin salah karena luka yang tidak sembuh.

Jenis kanker kulit ini tidak terlalu bahaya. Pengobatan yang tepat dapat mengobati kanker kulit sel basal tanpa jaringan parut.

· Kanker kulit sel skuamosa: Tebal merah, tebal pada kulit yang terpapar matahari adalah gejala utama kanker kulit sel skuamosa. Tanda kanker ini bisa berbentuk tegas, keras dan kubah berbentuk nodul. Jika jenis kanker ini tidak diobati, bisa berkembang menjadi massa yang besar. Squamous-cell adalah kanker kulit kedua yang paling umum. Ini berbahaya, tapi tidak berisiko melanoma.

· Melanoma: Gejala melanoma meliputi perubahan ukuran, bentuk, atau warna tahi lalat. Tanda lainnya termasuk munculnya tahi lalat baru pada masa dewasa atau nyeri, gatal, kemerahan di sekitar lokasi mol, atau pendarahan di lokasi. Karakteristik kanker melanoma didefinisikan sebagai "ABCDE", A adalah untuk "asimetris", B (borders) untuk "batas" (tidak beraturan), C atau color untuk "warna", D untuk "diameter" (lebih besar dari 6 mm) dan E (Evolving) untuk "berkembang."

Tanda Awal Kanker ginjal

Orang dengan kanker ginjal dapat berkembang mengikuti tanda dan gejala awal ada darah dalam urine, pembengkakan pada pergelangan kaki dan kaki, tekanan darah tinggi, kelelahan, kehilangan selera makan, penurunan berat badan mendadak, demam berulang (bukan dari flu, flu, atau infeksi lainnya), nyeri atau tekanan di bagian samping atau belakang, massa atau benjolan di samping atau belakang.

Tanda awal kanker perut

Hampir tidak ada gejala kanker perut tahap awal. Makanya, untuk mendeteksi kanker perut pada tahap awal memang sangat sulit. Tapi beberapa gejala yang mungkin muncul dalam beberapa kasus adalah, nafsu makan yang buruk, penurunan berat badan mendadak, sering sakit di perut, merasakan ketidaknyamanan di perut, biasanya di atas pusar, rasa kenyang di perut bagian atas bahkan setelah makan kecil, mules atau gangguan pencernaan, hingga mual.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya