Jangan Anggap Remeh Kebersihan Mulut Saat Puasa

ilustrasi gigi.
Sumber :
  • pixabay/pexels

VIVA.co.id – Menjalankan ibadah puasa, kondisi kesehatan tubuh harus mendapatkan perhatian ekstra. Tak terkecuali kebersihan organ mulut.  Saat puasa, bau mulut tak sedap seringkali dialami. Namun, jangan khawatir, masalah bau mulut sebenarnya dapat dicegah dengan selalu menjaga kebersihan gigi.

7 Golongan Orang yang Tidak Wajib Melaksanakan Puasa, Apakah Kamu Termasuk?

"Jangan anggap remeh kebersihan mulut. Dari masalah kecil bisa membawa masalah besar. Untuk tahu bersih atau tidaknya konsultasi ke dokter gigi," kata Drg. Felicia Melati, SpKGA di kawasan Menteng Jakarta.

Felicia menjelaskan, penyebab bau mulut sebagian besar karena adanya masalah dalam mulut seperti oral hygiene yang buruk, karies, karang gigi, dan penyakit periodontal. Namun, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah bau mulut.

Tegas, Ustaz Khalid Basalamah Larang Konsep Puasa Setengah Hari Dikenalkan kepada Anak

Menurutnya, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi ulang teknik menggosok gigi dengan melakukan konsultasi ke dokter. "Banyak pasien yang merasa sudah menyikat gigi dengan benar namun memiliki halitosis," tuturnya.

Kemampuan menyikat gigi, kata dia, dapat dievaluasi dengan menggunakan disclosing agent, yaitu bahan pewarna yang akan melekat pada plak gigi. Jika kemampuan menggosok gigi dengan benar, maka pewarnaan yang terjadi sangat minim atau tidak ada.

Tidak Boleh Jual Makanan Siang Hari di Bulan Ramadhan? Ini Kata Buya Yahya

"Dokter gigi akan mengajarkan teknik menyikat gigi yang benar dengan oral hygiene buruk dan mengedukasi untuk mendapatkan oral hygiene yang tepat serta mempertahankannya. Banyak pasien yang lupa atau bahkan tidak tahu bahwa lidah perlu disikat untuk mendapatkan oral hygiene yang maksimal," ujarnya.

Felicia menambahkan, masalah bau mulut biasanya muncul karena adanya masalah di dalam mulut itu sendiri. Hal yang dapat dilakukan sebelum puasa untuk menghindari bau mulut di antaranya scaling untuk membersihkan dan menghilangkan karang gigi, penambalan atau perawatan saraf gigi untuk mengatasi karies atau gigi berlubang, pencabutan atau ekstraksi untuk gigi berlubang yang sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan. "Perawatan dapat dikakukan setelah berbuka puasa."  (mus)

Ilustrasi makanan/ buka puasa/ batalkan puasa.

Azab, Dosa Membatalkan Puasa Secara Sengaja di Bulan Ramadhan Ternyata Sangat Besar

Sengaja membatalkan puasa tanpa alasan yang sah adalah tindakan yang serius dalam Islam dan berpotensi mendatangkan dosa yang besar. Dosa tersebut termasuk melanggar peri

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024