Alasan Menakutkan di Balik Diet Ekstrem Dewi Hughes

Dewi Hughes
Sumber :
  • Instagram/ Dewi Hughes

VIVA.co.id – Lama menghilang dari dunia entertainment, Dewi Hughes belakangan menjadi perbincangan. Ini, lantaran penampilan tubuhnya yang berubah drastis. Hughes yang dulu terkenal dengan tubuh gemuknya, kini terlihat ramping.

Terpopuler: Febby Carol Geram Eva Manurung-Jordan Ali Pacaran, Potret Transformasi Dewi Hughes

Penampilannya, benar-benar bikin pangling. Dia mengakui, perubahannya berkat diet yang ia jalani. Dietnya, diberi nama diet kenyang.

Saat dihubungi VIVA.co.id, Hughes menceritakan awal mula dia menemukan Diet Kenyang. Ia mengaku menemukannya secara tidak sengaja, pascadia terserang penyakit yang mirip dengan gejala stroke.

Potret Transformasi Dewi Hughes, Sukses Turunkan Berat Badan 90 kg

Berawal dari penyakitnya yang disebabkan kelebihan berat badan, Hughes menanamkan niat untuk menurunkan berat badannya. Saat menderita sakit itu, berkali-kali dia disuntik dokter, untuk membuat rasa sakit di area punggung, pinggang dan paha, menghilang.

Namun, usai dua tahun menjalani pengobatan, obat yang disuntikkan menjadi resisten. Hughes dinyatakan hampir lumpuh.

Terpopuler: Rahasia Langsing Dewi Hughes, Keluhan Meutya Hafid Soal Masalah Infertilitas

"Obat pereda sakit yang disuntikkan ke saya selama dua tahun, sudah resisten. Pulang ke rumah, saya sudah enggak bisa berdiri, lumpuh, terkapar di tempat tidur, sedikit lagi sudah stroke. Berat saya sudah sampai 150 kilogram, bikin saya mikir kalau sudah enggak ada cara lain untuk sembuh," ujar Hughes.

Keinginan untuk sembuh, sangat menggebu. Hughes, meski terkapar di tempat tidur selama beberapa hari, tidak tinggal diam. Ia mencari tahu cara menurunkan berat badannya, agar tubuhnya bisa kembali berdiri. Kala itu, dia melihat rekomendasi dari internet mengenai diet melalui pola pikir.

"Saat itu, saya ingat soal hipnoterapi. Saya sudah pernah belajar. Akhirnya, saya hipnotis diri sendiri untuk ubah pola pikir. Jadi, diet apapun enggak akan berhasil selama pola pikirnya masih belum berubah. Percuma diet, tetapi malah beratnya naik turun, kalau pola pikirnya tidak diperbaiki," tegasnya.

Berikutnya, hipnoterapi>>>

Hipnoterapi

Dengan kunci dari hipnoterapi tersebut, Hughes perlahan bangkit. Tanpa disadari, hipnoterapi membuatnya mencari ramuan menu makanan sehat dan tepat sesuai kebutuhan tubuh. "Bukan untuk langsing, tetapi untuk sehat," ujarnya.

Selama hampir satu minggu, tanpa disadari, Hughes sudah bolak-balik ke dapur, belanja di mal bahkan beli bahan pangan sehat di supermarket. Padahal, sebelumnya, usai dari dokter, ia sempat merasa lumpuh dan putus asa dengan keadaannya.

"Setelah sebulan, lagi jalan di mal di bagian alat olahraga, iseng lihat ada timbangan, ternyata sudah turun 11 kilogram, tetapi enggak berasa. Ternyata, itu kekuatan hipnoterapi, diet tetap kenyang tanpa kesiksa," tuturnya.

Terhitung sejak Januari 2016, Hughes mulai rutin melakukan hipnoterapi. Banyak cara yang dilakukan dari terapi ini, seperti yoga dan meditasi yang masuk bagian kecilnya. "Intinya kelola pikiran. Lebih berkaitan dengan psikis dan pikiran," ujarnya menjelaskan.

Seiring dengan terapi pola pikir yang ia jalani, Hughes mulai memahami kemauan tubuhnya. Ia kemudian menemukan bahwa Diet Kenyang dimulai dari pola pikir yang baik, untuk akhirnya bisa memahami kemauan tubuh.

"Enggak ada konsultasi ke dokter. Kunci diet adalah ngomong ke diri sendiri. Seperti sekarang bulan puasa, saya kasih waktu tubuh untuk meditasi, sebulan enggak ke luar rumah untuk membersihkan batin dan pikiran," kata dia.

Dengan memahami tubuhnya, Hughes mulai membentuk Diet Kenyang yang diakuinya, terdiri dari sumber makanan alami atau tanpa pengolahan berlebihan. Sebab, ia menyadari, tubuh yang berasal dari alam, harus mendapatkan asupan makanan yang berasal dari alam juga.

"Diet kenyang itu boleh makanan apa saja dimakan, asal pilih makanan realfood. Misal buah pisang, ya makan buahnya bener, jangan dikasih tepung terus digoreng. Selain itu, boleh diolah asal dalam satu kali olahan, seperti jagung direbus saja atau ubi kukus," paparnya.

Produk susu serta turunannya, tidak disarankan oleh Hughes. Selain itu, makanan yang diolah secara digoreng, sebaiknya dihindari. Jika ingin digoreng, menurut Hughes, buat minyak dari kelapa asli yang tidak terlalu banyak diolah.

Dengan pengolahan yang hanya satu kali itu, tubuh mampu mengolah lebih baik. Sistem pencernaan mampu menjalankan fungsinya tanpa kelelahan mencerna terlalu berat dari makanan olahan.

Hughes juga menuturkan bahwa dia sudah menghindari segala jenis karbohidrat berat seperti nasi, ubi, atau jagung. Menurutnya, kandungan gula di dalamnya sangat tinggi, yang membuat tubuhnya menolak untuk mencerna.

"Enggak pakai nasi karena bikin ngantuk. Saya ganti jadi bunga kol yang dicacah, saya makan satu ekor ikan dengan sayuran yang banyak, sudah kenyang banget. Balik lagi poinnya dari pola pikir," jelasnya.

Bahkan, Hughes tidak segan mengonsumsi segala jenis sayuran dalam jumlah yang sangat banyak. Tetapi, ia memiliki trik tersendiri, agar tidak bosan dalam mengonsumsinya.

"Sayur harus makan kaylan 2-3 ikat. Paling gampang dijus lalu campur dengan satu buah lemon dan timun empat biji. Clean eating ini Rasanya luar biasa pada tubuh. Sakit seperti flu, pusing, sariawan, bau tubuh, enggak ada," jelasnya.

Dari sini, Hughes kemudian dibantu oleh kakak dan keponakannya, untuk mulai berkreasi dalam menu Diet Kenyang. Sisi kreativitasnya diasah untuk membentuk makanan sehat yang mencakup bahan alami, pengolahan seminimal mungkin namun lezat.

"Awalnya, keluarga saya enggak suka dengan makanan saya, tetapi saya eksperimen, mereka suka. Mulailah kita bentuk tim untuk buat menu diet kenyang yang akhirnya tertuang dalam buku menu," paparnya.

Hughes mengingatkan, Diet Kenyang ini sudah seharusnya dapat membentuk pribadi yang lebih baik. Terlebih, diet jenis ini, bukan bertujuan untuk menurunkan berat badan, melainkan menyehatkan tubuh.

"Belajar clean eating dari makanan real dan murni. Selama pola makan benar, pola pikir kita juga jadi benar."

Bukan masalah diet untuk langsing, ini katanya adalah bagian dari tabungan masa depan. Sudah terbukti, banyak yang lakukan diet kenyang, akhirnya membuat tumornya hilang, luka diabetes hilang, lepas dari suntikan insulin.

"Jelas akan ada timbal balik tubuh," terang wanita yang mengaku turun berat badan hingga 70 kilogram setelah menjalani hipnoterapi. Hughes pun mengatakan, saat ini berat badannnya mencapai 75 kilogram, setelah proses panjang diet yang dia jalani sejak 2016. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya